4 Pengobatan Hernia Tanpa Operasi

4 Pengobatan Hernia Tanpa Operasi

4 Pengobatan Hernia Tanpa Operasi – Siapa yang tak kenal dengan penyakit hernia? Hernia merupakan penyakit yang akan membuat organ dalam tubuh mencuat atau keluar dari tempatnya. Hal ini disebabkan karena lapisan dinding otot disekitarnya melemah dan tidak kuat untuk menahan organ didalamnya.

4 Pengobatan Hernia Tanpa Operasi

Penyebab hernia sehingga membuat lapisan otot melemah ini, juga bisa difaktorkan oleh kebiasaan kita sendiri. Misalnya, sering melakukan olahraga fisik yang begitu berat, batuk yang terus-menerus, obesitas, mengangkat benda berat dan kehamilan pada wanita. Akibat dari kebiasan itulah, membuat diri Anda akan mengalami hernia dengan mudah.

Dan Anda pun akan merasakan sakit yang hebat dibagian tertentu, muntah, susah buang air besar dan apabila hernia tersebut mengeras maka jika disentuh atau didorong sedikit saja akan terasa menyakitkan. Nah, untuk mencegah agar hernia kembali ketempat semula, sebaiknya Anda tidak perlu memilih tindakan operasi sebagai jalannya. Karena melakukan 4 pengobatan hernia ini, mungkin saja bisa menyembuhkan penyakit Anda secara alami.

Berikut adalah 4 pengobata hernia tanpa operasi, antara alain :

  • Mengubah pola makan

Dalam merubahan pola makanan dan pola hidup yang kurang sehat, memang salah satu jalan untuk menjaga dan memperbaiki tubuh kita dari serangan suatu penyakit. Begitu dengan hernia ini, menjaga pola makan yang tak sehat mampu mengurangi gejala hernia yang begitu parah.

Terkait jika Anda mengonsumsi makanan yang berlebih, akan membuat saluran pencernaaan terganggu sehingga hernia dapat terganggu dan semakin parah. Dengan begitu, jagalah pola makanan yang seimbang/secukupnya saja untuk mempertahankan berat badan yang ideal.

  • Melakukan olahraga fisik ringan

Melakukan olahraga adalah suatu yang umum dilakukan untuk membugarkan tubuh agar tetap terlihat baik dan sehat. Tetapi, bagi penderita hernia tentu saja olahraga yang berat harus dihindarkan agar benjolan organ tidak begitu keluar.

Salah satu olahraga bagi penderita hernia yang harus dilakukan adalah melakukan olahraga fisik ringan seperti yoga atau dengan cara mengangkat kaki keatas dan tempelkan pada dinding bersama pinggang seperti posisi sikap lilin. Lalu, urut perut dengan kedua telapak tangan secara perlahan-lahan sehingga hernia dapat menemukan jalurnya.

  • Melakukan terapi pijat tradisional

Tak hanya olahraga, melakukan terapi pijat untuk penderita hernia juga sangat membantu menyembuhkannya. Terapi pijat ini dilakukan untuk mengurangi rasa sakit pada perut yang mengalami penekanan akibat hernia dan terapi ini pula dapat merileksasikan otot-otot yang kaku pada bagian perut secara alami.

  • Mengonsumsi bantuan obat

Meski harus menjaga pola makan dan hidup yang lebih sehat lagi, hernia juga harus dicegah secepat mungkin agar tidak semakin parah. Meski tidak dilakukan operasi, hernia juga dapat disembuhkan oleh beberapa obat dari medis untuk mengurangi rasa sakit akibat tonjolan hernia. Seperti mengonsumsi obat asam lambung untuk penderita hernia hiatus, untuk menghambat reseptor H-2 dan pompa proton.

Itulah 4 pengobatan hernia yang bisa Anda lakukan dirumah, tanpa harus memilih tindakan jalur operasi. Selagi cara ini terbilang aman untuk tingkatan hernia yang begitu tidak parah, apasalahnya jika Anda mencobanya untuk  mengurangi gejala akibat hernia tersebut. Sekian artikel dari kami, semoga bermanfaat dan selamat mencoba 🙂

Posted by harussehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat Via WhatsApp