Penyebab Asam Urat dan Kolesterol Tinggi

Penyebab Asam Urat dan Kolesterol Tinggi

Penyebab Asam Urat dan Kolesterol Tinggi – Setiap orang mempunyai kadar asam urat yang berbeda-beda didalam tubuhnya. Kadar asam urat yang tinggi akan memunculkan penyakit yang bisa mengakibatkan kerusakan sendi dan tulang bahkan kelumpuhan. Apabila asam urat sudah tinggi, maka komplikasi sangat mungkin terjadi. Terlebih lagi bila penderita mempunyai kolesterol tinggi.

Penyebab Asam Urat dan Kolesterol Tinggi

Kolesterol adalah zat yang diperlukan dalam kadar normal sebagai pembentuk hormon, asam empedu dalam sistem pencernaan serta vitamin D. Tapi sama seperti dengan asam urat, jika kolesterol terlalu tinggi maka bisa mengakibatkan kemunculan penyakit yang mengerikan seperti stroke dan penyakit jantung.

Komplikasi asam urat dan kolesterol tersebut terjadi akibat penderitanya tidak menyadari kondisi kesehatan mereka. Karena itu sangat penting untuk Anda semua mengetahui hal-hal yang menyebabkan terjadinya penyakit asam urat dan kolesterol. Berikut penyebab asam urat dan kolesterol yang harus Anda ketahui.

  • Makanan

Beberapa makanan yang menggoda selera disekitar kita rupanya bisa memicu kadar asam urat dan koesterol meningkat secara drastis. Seperti yang kita ketahui, penderita asam urat sangat dilarang untuk mengonsumsi makanan yang mengandung purin. Karena zat purin menjadi penyebab munculnya penyakit asam urat. Adapun makanan yang mengandung purin di antaranya jeroan, daging, seafood, junk food dan lainnya.

Sementara makanan yang bisa menyebabkan kolesterol menjadi tinggi biasanya makanan yang mengandung lemak seperti daging merah, jeroan, kuning telur. Karena itu, jika Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung purin serta lemak jenuh seperti daging dan jeroan bisa memicu komplikasi lebih cepat.

  • Kebiasaan buruk

Ada 3 kebiasaan umum yang sangat memicu naiknya kadar asam urat dan kolesterol, yaitu:

  1. Mengonsumsi alkohol
  2. Merokok
  3. Mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu manis
  • Mengkonsumsi obat-obatan tertentu

Beberapa obat tertentu yang kerap diperlukan bagi penyakit umum seperti masalah jantung, tekanan darah dan pencernaan ternyata mempunyai efek yang bisa meningkatkan kadar asam urat dan kolesterol akibat bahan kimia yang ada di dalamnya.

  • Faktor keturunan atau genetik

Asam urat adalah salah satu penyakit yang bisa menurun. Kebanyakan kasus penyakit asam urat turunan justru lebih susah diatasi lantaran komponen genetik sudah menetap di dalam tubuh. Kolesterol juga bisa menurun pada anak, tapi hal ini kerap disepelekan. Terutama orang yang kurus sering beranggapan bahwa mereka sehat. Padahal bila ada riwayat keluarga yang idap kolesterol, mereka sangat mungkin menderita kolesterol.

  • Usia dan jenis kelamin

Faktanya, penyakit asam urat dan juga kolesterol lebih banyak di idap oleh mereka yang sudah lansia. Jenis kelamin pria juga cenderung rentan terkena penyakit asam urat dibandingkan wanita. Hal ini dikarenakan hormon estrogen pada wanita lebih banyak sehingga bisa membuat sisa purin hasil metabolisme dikeluarkan. Tapi jumlah hormon estrogen ini akan mengalami penurunan bila wanita telah memasuki masa menopause atau lansia.

Nah itulah sederet Penyebab Asam Urat dan Kolesterol Tinggi. Penyebab asam urat dan koleterol menjadi hal-hal yang perlu Anda jauhi. Untuk menikmati masa tua, ada baiknya Anda bisa mengenali penyakit yang mungkin terjadi pada Anda sedini mungkin.

Posted by harussehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *