10 Buah Penurun Asam Urat Tinggi

10 Buah Penurun Asam Urat Tinggi

10 Buah Penurun Asam Urat Tinggi – Penyakit asam urat adalah penyakit yang menyerang persendian tubuh. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, baik pria maupun wanita. Bahaya asam urat tinggi bagi kesehatan tentunya sangat beragam. Mulai dari gejala yang bisa membuat sebagian tubuh menjadi nyeri, kaku, bahkan bengkak.

10 Buah Penurun Asam Urat Tinggi

Dan jika Anda mempunyai riwayat lain selain penyakit asam urat, tentu dapat berdampak kepada komplikasi penyakit. Sebagai tips mengurangi kadar asam urat tinggi, banyak pilihan pengobatan yang bisa ditempuh seperti melakukan pemeriksaan kesehatan sejak dini, menjaga asupan yang dikonsumsi dan memanfaatkan ramuan alami.

Dalam hal mengonsumsi makanan dan minuman, sebaiknya Anda memilih beberapa buah-buahan untuk dikonsumsi. Beberapa buah-buahan dipercaya mampu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Nah berikut deretan buah-buahan yang bisa menurunkan asam urat.

  • Buah bengkoang

Buah bengkoang yang kerap diolah menjadi rujak dan asinan ini rupanya memiliki banyak sekali manfaat. Salah satu manfaatnya adalah mengatasi penyakit asam urat. Serat dalam buah bengkoang bisa menyerap serta mengeluarkan zat asam urat melalui urin dan keringat. Konsumsi minimal 2 buah bengkoang per hari untuk mengatasi asam urat.

  • Buah semangka

Buah yang memiliki rasa manis dan diperkaya kandungan air ini ternyata menjadi salah satu buah yang bisa menurunkan kadar asam urat. Kandungan air dalam buah semangka bisa melarutkan kadar asam urat melaui pengeluaran urin. Karena itu, rutinlah konsumsi buah yang satu ini.

  • Buah sirsak

Serat dan antioksidan tinggi dalam buah sirsak mampu menurunkan kadar asam urat sehingga berbagai gejala asam urat bisa berkurang. Selain ampuh untuk penyakit asam urat, buah sirsak juga dapat menjadi penetralisir darah tinggi dan kolesterol di dalam tubuh. Konsumsi buah sirsak ini, agar Anda bisa terhindar dari komplikasi asam urat.

  • Buah nanas

Nanas juga termasuk salah satu buah yang bisa obati asam urat secara alami. Manfaat nanas untuk penderita asam urat ada pada kandungan nutrisinya, seperti vitamin C, serat, mineral, kalium, magnesium, zat besi, fosfor dan tiamin.

  • Buah naga

Dibalik rasa manisnya buah naga, ternyata menyimpan manfaat yang sangat luar biasa, Manfaat tersebut adalah bisa mengatasi penyakit asam urat. Buah naga mengandung air yang bisa melarutkan kadar asam urat.

  • Buah pisang

Kandungan dalam pisang seperti vitamin A, B, C dan B6, niasin, beta karoten, riboflavin, tiamin, magnesium, serat dan potasium sangat bermanfaat dalam mengurangi kadar asam urat. Dengan rajin mengonsumsi pisang, maka pembengkakan dan peradangan pada sendi pun bisa berkurang.

  • Buah pir

Serat yang terkandung dalam buah pir mampu mengeluarkan kadar asam urat melalui urin. Konsumsi buah pir sebagai camilan sehat Anda. Dengan begitu, Anda bisa meredakan gejala-gejala asam urat.

  • Buah stroberi

Siapa sih yang tak kenal buah satu ini, rasa asam manisny sangat menyegarkan jika dihidangkan menjadi jus dikala cuaca sedang panas. Vitamin C yang terkandung di dalam stroberi mampu melarutkan kadar asam urat yang berlebihan dalam tubuh. Konsumsi stroberi sebanyak 8-10 buah per hari.

  • Buah kiwi

Kiwi juga mengandung vitamin C yang baik jika diberikan kepada penderita asam urat. Kiwi mampu menurunkan kadar asam urat sekaligus melancarkan pengeluaran zat asam urat melalui urin. Konsumsi minimal 2 buah kiwi per hari.

  • Buah apel

Buah apel memiliki senyawa asam malat yang bermanfaat menekan kadar asam urat yang berlebihan di dalam tubuh.

Itulah 10 Buah Penurun Asam Urat Tinggi yang bisa menjadi pilihan menu diet untuk penderita asam urat. Sekian dan semoga bermanfaat.

Posted by harussehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *