10 Makanan Yang Mengandung Zat Purin Tinggi

10 Makanan Yang Mengandung Zat Purin Tinggi

10 Makanan Yang Mengandung Zat Purin Tinggi – Makanan yang mengandung zat purin tinggi sangat berbahaya untuk Anda yang menderita penyakit asam urat. Pasalnya, saat purin masuk ke dalam tubuh bisa menyebabkan pembentukan asam urat.

10 Makanan Yang Mengandung Zat Purin Tinggi

Sebenarnya, asam urat mempunyai beberapa fungsi seperti mencegah kerusakan dinding pembuluh darah atau melindungi pembuluh darah. Tapi bila ditemukan dalam jumlah yang berlebihan maka dapat menyebabkan asam urat tinggi yang memunculkan rasa sakit di persendian.

Karena itulah, bagi penderita asam urat sebaiknya hindari semua jenis makanan yang memiliki kandungan zat purin tinggi. Apa saja makanan tersebut? Berikut ini merupakan beberapa jenis makanan yang mengandung zat purin tinggi.

1. Hati sapi (530 mg/100 gr)

Meski sebenarnya, hati sapi memiliki kadar protein dan vitamin B yang tinggi. Tapi hati sapi mengandung zat purin yang sangat tinggi, sehingga dapat menyebabkan munculnya penyakit asam urat.

2. Ikan sarden (480 mg/100 gr)

Ikan sarden yang kerap diolah menjadi ikan dalam kaleng ini memang layak dikonsumsi. Tapi ikan sarden memiliki kandungan purin yang tinggi. Jika dikonsumsi berlebihan, maka dapat menyebabkan penumpukan purin didalam ginjal. Purin yang menumpuk didalam ginjal tersebut dapat memicu terjadinya batu ginjal.

3. Ikan tuna (257 mg/100 gr)

Meski terkenal mengandung nutrisi yang sangat lengkap, ikan tuna ternyata bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan. Ikan tuna mengandung histamin yang dapat menyebabkan keracunan dan rekasi alergi. Bahkan kandungan zat purin dalam ikan tuna sangat tinggi sehingga bisa menyebabkan penyakit asam urat.

4. Ayam (175 mg/100 gr)

Kandungan zat purin dalam daging ayam memang termasuk skala menengah namun jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan nyeri sendi.

5. Daging bebek (138 mg/100 gr)

Meski kandungan zat purin dalam daging bebek tidak terlalu tinggi, namun jika dikonsumsi secara berlebihan dapat memicu asam urat muncul atau dapat memperparah penyakit asam urat. Jadi, jika ingin konsumsi daging bebek, maka konsumsilah dalam jumlah yang lebih kecil.

6. Daging sapi (120 mg/100 gr)

Mengonsumsi daging sapi bisa meningkatkan energi sehingga tubuh Anda tidak akan lemah. Tapi daging sapi rupanya mengandung zat purin yang dapat menyebabkan asam urat. Karena itulah, mengonsumsi daging sapi harus dibatasi dalam jumlah tertentu saja.

7. Lobster (118 mg/100 gr)

Lobster memiliki efek samping yang buruk untuk kesehatan tubuh. Salah satunya lobster tidak baik dikonsumsi oleh penderita asam urat. Lantaran lobster mengandung zat purin yang buruk untuk ginjal dan peredaran darah.

8. Kacang Panjang (80 mg/100 gr)

Sayuran yang kaya akan kandungan serat ini ternyata memiliki zat purin sehingga bila dikonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan penumpukan zat purin.

9. Buncis (78 mg/100 gr)

Buncis memang termasuk sayuran yang menyehatkan bila dikonsumsi dalam porsi yang pas. Karena jika buncis dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan peningkatan kadar asam urat didalam tubuh.

10. Kembang kol (51 mg/100 gr)

Sama seperti buncis, kol juga cukup sehat bila dikonsumsi dalam porsi yang pas. Tapi bila dikonsumsi secara berlebihan, sayur ini bisa meningkatkan kadar asam urat didalam tubuh.

Itulah 10 Makanan Yang Mengandung Zat Purin Tinggi yang harus Anda ketahui agar penyakit asam urat bisa dihindari. Sekian dan semoga bermanfaat

Posted by harussehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *