20 Makanan Penurun Asam Urat

20 Makanan Penurun Asam Urat

20 Makanan Penurun Asam Urat – Penyakit asam urat atau gout merupakan penyakit yang menyerang persendian. Untuk mengatasinya, biasanya memakai obat-obatan medis seperti allopurinol yang sifatnya bisa menghambat terbentuknya asam urat dari purin.

20 Makanan Penurun Asam Urat

Tapi sayangnya, allopurinol ini bisa memunculkan reaksi toksik. Meski jarang terjadi namun bisa berakibat fatal. Selain obat-obatan sintetis tersebut, ada faktor lain yang bisa menurunkan kadar asam urat yakni pola makan yang baik dan benar.

Makanan yang sifatnya menurunkan asam urat biasanya yang banyak mengandung vitamin C, flavonoid dan antioksidan yang bisa menghambat kinerja enzim pembentuk asam urat. Berikut beberapa makanan penurun asam urat yang dianjurkan untuk dikonsumsi.

  • Cuka apel

Makanan pertama yang bisa menurunkan kadar asam urat tinggi adalah cuka apel. Cuka apel mengandung kalium yang bisa memecahkan purin yang mengendap. Sehingga, bisa mengurangi asam urat yang terbentuk. Untuk mengonsumsi cuka apel, campurkan dengan air guna mengurangi rasa asam.

  • Stoberi

Buah mungil berwarna merah ini ternyata juga bisa menurunkan kadar asam urat. Senyawa flavonoid yang terkandung dalam stoberi bisa berfungsi sebagai antioksidan untuk menghambat enzim xantin oksidase (enzim pemicu asam urat) sehingga produksi asam urat bisa berkurang.

  • Lemon

Berikutnya, makanan yang bisa menurunkan kadar asam urat adalah lemon. Lemon mengandung vitamin C sebanyak 19 mg atau 30% dari asupan harian yang dianjurkan. Dengan begitu, lemon bisa menurunkan kadar asam urat.

  • Jus semangka

Semangka mengandung vitamin C, B5, B6 dan E yang bisa mencegah kadar asam urat dalam darah meningkat. Bahkan menurut sebuah penelitian Sari 2012, membuktikan bahwa terapi jus semangka bisa menurunkan kadar asam urat.

  • Seledri

Kandungan flavonoid dan 3-n butylphthalide (3nB) dalam seledri diduga memiliki mekanisme kerja untuk menghambat pembentukan asam urat. Sehingga seledri bisa menurunkan kadar asam urat.

  • Jeruk nipis

Buah yang memiliki rasa asam ini juga termasuk makanan yang bisa menurunkan kadar asam urat. Seperti allopurinol, kandungan flavonoid dalam jeruk nipis bisa menurunkan kadar asam urat dengan cara menghambat kinerja enzim xantin oksidase dalam menghasilkan asam urat.

  • Delima

Delima dipercaya bisa menurunkan kadar asam urat dengan cara mengurangi plak dalam arteri. Selain itu, buah delima juga diperkaya kandungan antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas dalam tubuh.

  • Teh hijau

Jenis teh yang satu ini bisa bertindak sebagai antioksidan sehingga bisa menurunkan kadar asam urat dengan cara menghambat efektivitas enzim xantin oksidase.

  • Tomat

Kandungan antioksidan dan vitamin C dalam tomat bisa membantu Anda mengurangi penumpukan kristal asam urat di dalam persendian.

  • Bawang putih

Selain sering dijadikan bumbu makanan, bawang putih juga memiliki khasiat untuk penyakit asam urat. Khasiat bawang putih untuk penyakit asam urat adalah bisa mengurangi kadar purin dalam tubuh. Sehingga produksi asam urat pun akan berkurang.

  • Buah naga

Buah naga juga tergolong buah yang bisa menurunkan kadar asam urat. Pasalnya, buah naga mengandung vitamin C dan antioksidan.

  • Wortel

Wortel mengandung purin yang rendah sehingga disarankan untuk dikonsumsi oleh Anda yang mengidap penyakit asam urat.

  • Mentimun

Mentimun memiliki sifat diuretik atau pendorong produksi urine. Hal ini tentu sangat membantu, di mana kadar asam urat nantinya akan ikut keluar dari dalam tubuh bersama urine.

  • Kacang panjang prancis

Kacang panjang prancis seringkali ditemui di tanah gembur. Jenis kacang yang satu ini mengandung vitamin C yang bisa membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah.

  • Alpukat

Buah alpukat bisa membantu menurunkan kadar asam urat karena di dalamnya terkandung vitamin C, kalium dan potasium.

  • Ceri

Ceri juga termasuk buah yang bisa menurunkan kadar asam urat, karena didalamnya terkandung vitamin C dan E yang berfungsi sebagai antioksidan.

  • Pisang

Asam urat bisa diturunkan dan diatur kadarnya oleh pisang. Pasalnya, pisang mengandung potassium, serat dan vitamin C.

  • Brokoli

Makanan selanjutnya yang bisa membantu mengatasi penyakit asam urat adalah brokoli. Kandungan vitamin C dalam brokoli bisa menurunkan kadar asam urat dalam darah.

  • Apel

Apel bukan buah langka, buah ini sudah dikonsumsi sejak ribuan tahun lamanya. Buah apel dipercaya bisa menurunkan kadar asam urat karena mengandung vitamin C dan purin yang rendah.

  • Sirsak

Sirsak juga bisa menurunkan kadar asam urat. Sifat antioksidan dalam buah ini bisa mengurangi pembentukan asam urat. Sirsak juga memiliki sifat analgetik yaitu mengurangi rasa nyeri dan peradangan pada sendi akibat asam urat.

Demikian informasi tentang 20 Makanan Penurun Asam Urat yang harus Anda konsumsi secara rutin. Sekian, dan semoga bermanfaat.

Posted by harussehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *