20 Obat Herbal Untuk Asam Urat Tinggi

20 Obat Herbal Untuk Asam Urat Tinggi

20 Obat Herbal Untuk Asam Urat Tinggi – Nyeri pada persendian yang dimunculkan penyakit asam urat memang sangat menyiksa. Salah satu penyebab utama terjadinya penyakit asam urat yaitu karena zat purin menumpuk pada tubuh yang kemudian zat purin tersebut terakumulasi menjadi kristal asam urat yang tajam. Kristal-kristal inilah yang sebabkan rasa nyeri di area persendian.

20 Obat Herbal Untuk Asam Urat Tinggi

Tentu pengobatan sangat penting dilakukan dan masyarakat kita saat ini masih meyakini bahwa ada sejumlah bahan alami yang bisa menyembuhkan asam urat. Kelebihan memilih bahan alami tentunya mudah didapat dan juga dibuat.

Disamping itu, memilih bahan alami dapat menjadi alternatif pengobatan yang sangat murah. Di mana biasanya membeli obat asam urat di toko obat dapat lebih mahal. Nah dalam artikel ini, akan kami bahas 20 obat herbal untuk asam urat tinggi. Berikut ulasannya.

1. Mahkota dewa

Mahkota dewa merupakan salah satu tanaman yang bisa mengobati asam urat. Senyawa yang terkandung dalam mahkota dewa dapat berperan sebagai anti hiperurisemia sehingga dapat mengurangi kadar asam urat dalam darah. Mahkota dewa juga memiliki anti inflamasi sehingga bisa mengatasi peradangan yang dimunculkan penyakit asam urat.

2. Daun kelor

Obat herbal untuk asam urat selanjutnya adalah daun kelor. Daun kelor mengandung flavonoid dan alkaloid yang dapat mencegah pembentukan kristal asam urat. Jika pembentukan kristal asam urat dihambat maka risiko radang berkurang sehingga bisa mencegah terjadinya pembengkakan.

3. Anting-anting

Anting-anting dikenal sebagai tanaman yang juga bisa menyembuhkan asam urat. Tanaman ini mengandung flavonoid yang dapat berperan sebagai anti radang, antibiotik, diuretik serta pencahar.

4. Sambiloto

Tanaman ini biasanya digunakan sebagai penawar untuk masalah radang, analgetik atau rasa nyeri serta racun. Kandungan senyawa dalam sambiloto sendiri mencakup keton, flavonoid, alkane, kalium, aldehid, natrium, kalsium serta senyawa kimia laktone. Senyawa-senyawa tersebut dapat mengobati berbagai penyakit, salah satunya untuk mengobati asam urat.

5. Air Dingin

Air dingin dapat digunakan untuk mengompres bagian sendi yang membengkak akibat asam urat. Air dingin ini dapat menjadi alternatif yang paling mudah bila dalam kondisi darurat membutuhkan pereda rasa nyeri.

6. Apel

Buah apel dipercaya bisa meredakan rasa nyeri pada penderita asam urat. Dibalik rasa manisnya, terdapat kandungan asam malat yang bisa membantu menetralkan kadar asam urat dalam darah serta dapat mengurangi risiko peradangan akibat asam urat.

7. Pisang

Bukan hanya apel, pisang ternyata juga dapat membantu menyembuhkan asam urat. Potassium yang tinggi dalam pisang bisa mengubah kristal asam urat yang padat pada persendian menjadi cair dan kemudian dibuang dalam bentuk urin. Selain itu, pisang juga mengandung vitamin C sehingga bisa mengurangi rasa nyeri dan peradangan akibat asam urat.

8. Daun seledri

Daun seledri disarankan untuk dikonsumsi para penderita asam urat. Lantaran daun seledri mengandung esensial, inositol, asam lemak, klorin, sulfur, folat, potassium, selenium, mangan, seng, vitamin A dan vitamin B1 yang sangat diperlukan untuk mempercepat penyembuhan penyakit asam urat.

9. Daun sirsak

Daun sirsak mengandung vitamin A dan vitamin C yang dapat meredakan rasa nyeri akibat asam urat.

10. Lemon

Lemon bisa meningkatkan kinerja ginjal untuk melarutkan zat purin dalam tubuh yang merupakan zat yang menyebabkan terbentuknya kristal asam urat.

11. Nanas dan madu

Nanas yang dikombinasikan dengan madu mampu menjadi ramuan yang berkhasiat dalam mengobati asam urat. Ramuan ini biasanya digunakan untuk meredakan rasa nyeri pada persendian yang membengkak akibat asam urat.

12. Daun dan buah pare

Daun pare beserta buahnya bisa menjadi alternatif pengobatan penyakit asam urat. Tanaman yang dikenal dengan pahitnya ini kaya akan mineral yang bermanfaat untuk penderita asam urat.

13. Daun salam

Sering dijadikan penyedap pada masakan, ternyata daun salam mengandung sejumlah senyawa yang mampu mengobati penyakit asam urat seperti tanin, polifenol, flavonoid dan minyak atsiri.

14. Bidara

Tanaman ini dapat menjadi salah satu pilihan bahan herbal untuk mengatasi asam urat karena mengandung senyawa flavonoid, kalsium, keton, alkane, natrium dan aldehid yang bermanfaat untuk penderita asam urat.

15. Sidaguri

Sidaguri mengandung senyawa tanin, alkaloid, fenol, asam amino, saponin, kalsium oksalat dan zat philegmatic yang bermanfaat untuk menyembuhkan asam urat.

16. Akar Pepaya Gantung

Akar pepaya gantung juga menjadi salah satu obat herbal yang dipercaya dapat mengatasi penyakit asam urat.

17. Cengkeh

Cengkeh juga menjadi salah satu bahan herbal yang ampuh digunakan untuk mengatasi asam urat secara alami.

18. Jahe

Jahe dapat membantu tubuh melancarkan sirkulasi darah guna membuang tumpukan asam urat yang ada di dalam persendian.

19. Kumis kucing

Senyawa orthosiphonin dalam kumis kucing ternyata sangat penting untuk mengeluarkan kelebihan kadar asam urat dalam tubuh. Sifat diuretik pada kumis kucing pun dapat melarutkan kristal asam urat dan kemudian membuangnya bersama urin.

20. Temulawak

Temulawak mengandung pati, kurkuminoid dan minyak atsiri yang dapat berperan sebagai anti radang, diuretik, anti sembelit serta tonik sehingga sangat bermanfaat untuk penderita asam urat.

Nah itulah 20 obat herbal untuk asam urat tinggi yang dapat dimanfaatkan. Mulailah untuk lebih bijak dalam memilih pola makanan supaya kesehatan tubuh Anda tetap terjaga.

Posted by harussehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *