3 Cara Mengobati Rhinitis Vasomotor Secara Alami

3 Cara Mengobati Rhinitis Vasomotor Secara Alami

3 Cara Mengobati Rhinitis Vasomotor Secara Alami – Rhinitis merupakan suatu kondisi di mana terjadi peradangan pada hidung. Sementara rhinitis vasomotor atau disebut rhinitis non alergi merupakan kondisi yang muncul akibat pembuluh darah menjadi lebar di membran hidung.

3 Cara Mengobati Rhinitis Vasomotor Secara Alami

Beberapa gejala rhinitis vasomotor meliputi hidung tersumbat, sering bersin-bersin dan mengeluarkan ingus tanpa penyebab yang pasti. Biar pun gejala rhinitis vasomotor tak terlalu membahayakan, tapi gejalanya bisa datang dan pergi sepanjang tahun.

Gejala rhinitis vasomotor ini bisa terjadi selama beberapa minggu bahkan bisa lebih lama lagi bila tidak segera diobati. Oleh sebab itulah, berikut disajikan beberapa cara mengobati rhinitis vasomotor dengan bahan alami serta aman digunakan.

  • Bawang putih

Anti-bakteri dan anti-biotik dalam bawang putih dipercaya mampu mengobati rhinitis vasomotor dengan cepat. Anda bisa mengonsumsi bawang putih dengan cara dikunyah dalam kondisi masih mentah sebanyak 2 atau 3 siung setiap harinya. Alternatif lainnya, Anda dapat menambahkan bawang putih mentah ke dalam masakan Anda.

  • Cuka apel

Cuka apel juga efektif menyembuhkan rhinitis vasomotor. Hal ini dikarenakan cuka apel mengandung anti-histamin alami dan anti-biotik. Dengan mengkonsumsi cuka apel, gejala-gejala rhinitis vasomotor seperti bersin-bersin, hidung tersumbat dan pilek pun bisa terobati.

Cara mengkonsumsi cuka apel pun cukup mudah. Anda hanya perlu memasukkan dua sendok teh cuka apel ke dalam 1 gelas air hangat. Jika perlu, Anda juga dapat menambahkan satu sendok makan madu atau perasan air lemon untuk memperkaya rasa. Untuk memperoleh khasiat yang maksimal, Anda disarankan untuk mengonsumsi ramuan ini sebanyak 3 kali per hari sampai rhinitis vasomotor sembuh.

  • Kunyit

Selanjutnya, rhinitis vasomotor juga dapat diobati dengan rempah kunyit. Kunyit cukup baik dikonsumsi untuk meredakan gejala rhinitis vasomotor seperti batuk, pilek, bersin-bersin dan mulut kering. Hal ini dikarenakan kunyit mengandung anti-oksidan dan anti-inflamasi yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Cara mengkonsumsi kunyit sebagai obat rhinitis vasomotor sangat simpel. Cukup campurkan 6 sendok makan kunyit yang telah dibubukan dan 6 sendok madu mentah kemudian simpan di dalam wadah yang kedap udara. Setelah itu, ambil satu sendok teh campuran tersebut dan konsumsi sebanyak dua kali sehari. Alternatif lainnya, Anda bisa mencampur kunyit dalam segelas susu hangat dan minum setiap hari.

Nah itulah 3 Cara Mengobati Rhinitis Vasomotor Secara Alami. Pemanfaatan bahan alami untuk mengobati rhinitis vasomotor ini pastinya aman sehingga tak akan memunculkan efek samping. Selamat mencoba!

Posted by harussehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *