3 Dampak Kadar Asam Urat Meningkat Drastis

3 Dampak Kadar Asam Urat Meningkat Drastis

3 Dampak Kadar Asam Urat Meningkat Drastis – Penyakit asam urat tak boleh dianggap enteng, lantaran gejala yang dirasakan begitu menyiksa. Terutama ketika kadar asam urat sudah sangat tinggi. Penyembuhannya bisa memakan waktu yang tidak sebentar.

3 Dampak Kadar Asam Urat Meningkat Drastis

Penyakit asam urat terjadi karena zat purin di dalam tubuh sangat berlebihan. Zat purin yang tidak dibuang oleh ginjal akan membentuk kristal. Kristal inilah yang dapat membuat fungsi persendian menjadi terhambat.

Sangat penting bagi Anda mengetahui apa saja dampak dari asam urat apabila kadarnya sangat tinggi. Nah berikut ini akan diungkap apa saja dampak dari kadar asam urat meningkat drastis.

  • Nyeri yang sangat hebat pada persendian

Dampak secara langsung yang akan terasa oleh para penderita asam urat tinggi adalah nyeri yang teramat hebat pada persendian. Di mana rasa nyeri dapat menjalar ke bagian tubuh yang lain bila tidak segera diatasi.

  • Berakibat mengalami kelumpuhan

Nyeri akibat asam urat yang tidak diobati dapat mengakibatkan kelumpuhan pada sendi. Makin banyak zat purin dalam tubuh maka makin susah pula Anda untuk bisa melakukan aktivitas secara normal. Karena itu segera periksakan diri Anda ke dokter sebelum kondisi Anda memasuki tahap kronis.

  • Berpeluang untuk mengalami komplikasi penyakit

Penyakit asam urat yang tidak diobati juga mampu menimbulkan komplikasi penyakit yang cukup serius, di antaranya:

Batu ginjal dan gagal ginjal

Kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh bisa menyumbat saluran urin dan terbentuklah batu ginjal. Fungsi kerja ginjal pun akan mengalami penurunan dan berpotensi mengalami gagal ginjal. Disamping itu, dampak lainnya adalah anda bisa merasakan nyeri saat buang air kecil.

Penyakit jantung koroner

Penyakit asam urat mempunyai hubungan yang cukup erat dengan penyakit jantung koroner. Penyakit asam urat bisa meningkatkan kadar insulin dalam darah dan juga dapat menyebabkan darah tinggi yang bisa berujung pada munculnya penyakit jantung koroner.

Penyakit diabetes

Meski asam urat dan juga diabetes tidak mempunyai hubungan secara langsung, tapi umumnya penderita diabetes mempunyai kadar asam urat tinggi. Dalam sebuah riset, dikatakan bahwa masalah asam urat bisa meningkatkan risiko diabetes hingga 20%.

Hubungan asam urat dan diabetes terjadi secara tak langsung dan bisa dilihat dari 2 faktor yaitu pola makan yang tidak sehat dan masalah ginjal. Diabetes mampu merusak fungsi kerja ginjal. Hal tersebut dapat menghambat proses pembuangan kristal asam urat dalam tubuh sehingga kadar asam urat dapat meningkat karena tidak dikeluarkan.

Nah itulah 3 Dampak Kadar Asam Urat Meningkat Drastis. Jadi, sudah sangat jelas bahwa penyakit asam urat tidak boleh dipandang sebelah mata, tidak boleh dianggap enteng. Obati sekarang juga, jangan menunggu kondisi penyakit makin parah.

Posted by harussehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *