4 Makanan Pemicu Timbulnya Jerawat

4 Makanan Pemicu Timbulnya Jerawat

4 Makanan Pemicu Timbulnya Jerawat – Pada umumnya, munculnya jerawat disebabkan karena adanya perubahan kadar hormon. Namun ada juga sebagian makanan yang bisa menyebabkan jerawat lebih mudah muncul.

Makanna-makanan penyebab jerawat tersebut biasanya adalah makanan yang bisa meningkatkan kadar gula darah. Mengingkatnya gula darah tersebut kemudian memicu mengingkatnya insulin. Dengan meningkatnya insulin dalam tubuh, maka produksi minyak di kulit pun akan meningkat. Alhasil, jerawat akan dengan mudah muncul.

4 Makanan Pemicu Timbulnya Jerawat

Lantas, apa saja makanan-makanan yang bisa menyebabkan jerawat dan bagaimana cara yang tepat untuk menghindarinya? Berikut ini merupakan 4 makanan pemicu timbulnya jerawat yang sebaiknya Anda hindari.

  • Keripik Kentang

Keripik kentang rupanya mempunyai indeks glikemik tinggi yang bisa memicu meningkatnya jumlah insulin dan glukosa di dalam tubuh. Selain keripik kentang, yang sebaiknya Anda hindari karena memiliki indeks glikemik yang tinggi adalah roti dan kentang goreng.

  • Kue dan Soda

Makanan yang kaya akan kandungan gula seperti kue, soda dan jus buah yang telah dicampur dengan susu dan gula ternyata bisa memunculkan jerawat, Hal ini disebabkan karena kandungan glukosa yang sangat tinggi bisa memicu insulin meningkat yang pada akhirnya akan menyebabkan jerawat.

  • Makanan Olahan Susu

Meski susu, keju dan makanan olahan susu sapi lainnya  diperkaya oleh kandungan kalsium, tetapi rupanya bisa menyebabkan jerawat bila dikonsumsi secara berlebihan. Hormon yang ada di dalamnya bisa menyebabkan kelenjar minyak terus berkembang lalu timbulah jerawat.

  • Makanan Berminyak

Makanan berminyak atau makanan berlemak tinggi seperti makanan cepat saji ternyata bisa meningkatkan resiko terkena jerawat. Sejauh ini banyak sekali yang beranggapan bahwa makanan pedas adalah biang kerok munculnya jerawat.

Namun berdasarkan penelitian, makanan pedas sama sekali tidak berpengaruh pada jerawat. Malah makanan yang kaya akan lemak dan garamlah yang sangat berpengaruh pada munculnya jerawat.

Demikian informasi mengenai 4 makanan pemicu timbulnya jerawat. Selain makanan di atas, masih ada banyak hal lain yang bisa menyebabkan jerawat muncul. Contohnya seperti mengonsumsi obat-obatan tertentu, akibat hormon tubuh dan juga stres.

Posted by harussehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *