4 Penyebab Tipes yang Sering Muncul

4 Penyebab Tipes yang Sering Muncul

4 Penyebab Tipes yang Sering Muncul – Pernahkah Anda mengalami demam tinggi/tifoid? Demam tifoid atau bisa disebut tipes ini merupakan penyakit yang paling sering dialami anak-anak, remaja bahkan orang dewasa. Tipes akan mudah menyerang tubuh, akibat ditularkan infeksi bakteri.

4 Penyebab Tipes yang Sering Muncul

Bakteri seperti Salmonella Typhi inilah, merupakan bakteri yang akan menyebar dan menginfeksi seseorang terserangi tipes. Sehingga akan memungkinkan seseorang mengalami gejala seperti demam tinggi 40°C, nafsu makan berkurang, diare, sembelit, sakit kepala, muntah, lemah, lesu, nyeri sendi dan ruam bintik merah pada area kulit.

Dalam dunia medis, sebenarnya penyebab tipes (bakteri) ini akan mudah menyerang tubuh melalui kebiasan buruk yang sering kita lakukan sendiri. Ingin tahu apa saja penyebabnya? Simak alasan kebiasaan buruk ini, bisa jadi penyebab tipes terjadi pada Anda.

  • Makan atau jajan sembarangan

Berhubungan dengan tipes disebabkan oleh bakteri yang bersifat menular, juga bakteri ini dapat larut dalam air dan bisa terkontaminasi dengan makanan atau minuman dengan mudah. Makanya, mengapa ibu kita sering melarang untuk jajan diluar. Agar tubuh bisa terjauhi dari serangan bakteri, yang akan menyebabkan perut kita sakit dan bisa memunculkan tipes terjadi begitu mudah.

  • Tidak teliti dalam melindungi kebersihan makanan

Seperti yang kita ketahui, bakteri tipes akan larut dalam air. Begitu dengan makanan laut seperti ikan dan seafood lainnya, juga bisa termasuk salah satu hewan yang sudah terkontaminasi air tinja atau urine yang terinfeksi bakteri tipes. Dan hal ini pula, akan menjadikan tubuh terserangi tipes dengan mudah dan merupakan salah satu alasan penyebab paling sering terjadi pada seseorang terkena tipes.

  • Mengkonsumsi minuman yang kotor

Selain menjaga makanan, bakteri juga akan menginfeksi seseorang melalui minuman. Maka dari itu, hindari jajanan minuman es dingin atau es batu yang akan lebih mudah membawa bakteri tipes menyerang tubuh Anda sendiri.

  • Toilet yang kotor

Begitu pentingnya mengapa lingkungan disekitar harus bersih, apalagi didalam ruangan rumah yang sering kita tempati untuk bisa mengistirahatkan tubuh yang lelah. Tetapi, begitu dengan sebuah kloset atau kamar mandi yang begitu kotor juga akan mempengaruhi bakteri bersarang dan bisa membuat keadaan kondisi tubuh terserangi beberapa penyakit seperti tipes ini. Dengan begitu, tetap menjaga lingkungan agar tubuh bisa terjaga dan terlindungi dari bakteri tipes.

Dalam menjauhi kebiasaan buruk seperti diatas, Anda juga perlu melakukan hal ini untuk bisa melindungi kesehatan tubuh dari bahaya tipes. Hal tersebut seperti :

  1. Biasakan mencuci tangan dengan sabun sampai bersih, sebelum menyiapkan makanan atau mengkonsumsi makanan
  2. Menghindari minuman yang bersifat dingin atau es batu sembarangan
  3. Menghidari mengkonsumsi buah & sayuran yang belum dicuci terlebih dahulu.

Itulah 4 penyebab tipes yang paling sering muncul, ketika seseorang dinyatakan mengindap tipes berbahaya. Untuk itu, mulailah dari sekarang untuk lebih bisa menjaga pola hidup sehat dan tubuh akan tetap terlindungi dari serangan bibit penyakit. Sekian informasi dari kami, semoga bermanfaat untuk Anda 🙂

Posted by harussehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *