5 Hal Mengejutkan yang Menyebabkan Gula Darah Naik

5 Hal Mengejutkan yang Menyebabkan Gula Darah Naik

5 Hal Mengejutkan yang Menyebabkan Gula Darah Naik – Meski tak mempunyai riwayat keluarga menderita diabetes, Anda tetap harus menjaga kadar gula darah untuk tetap normal. Ya seperti yang kita tahu, diabetes sangat susah disembuhkan, dan satu-satunya cara untuk mengatasinya adalah mengendalikan gula darah.

5 Hal Mengejutkan yang Menyebabkan Gula Darah Naik

Makanya, penderita diabetes harus menjauhi hal-hal yang bisa membuat gula darah naik. Nah, untuk Anda yang tidak menderita diabetes, tahukah hal-hal yang bisa membuat kadar gula darah Anda naik? Berikut ini 5 hal mengejutkan yang ternyata bisa menyebabkan gula darah naik.

Baca juga: Obat Glaukoma – Katarak – Pandangan Kabur Akibat Diabetes

  • Pemanis buatan

Hal pertama yang bisa membuat gula darah naik adalah mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan. Menurut hasil penelitian yang melibatkan 17 orang dengan obesitas, menunjukkan bahwa kadar gula darah mereka meningkat ketika mengonsumsi minuman yang mengandung pemanis buatan dibandingkan ketika mereka mengonsumsi air mineral.

  • Dehidrasi

Ketika gula darah meningkat, tubuh akan membuang urine lebih banyak sehingga bisa membuat dehidrasi. Karena itulah, penderita diabetes harus mengkonsumsi air putih atau air mineral sesuai kebutuhan agar terhidrasi dengan baik. Terutama bila banyak beraktivitas fisik.

Baca juga: Obat Retinopati Diabetik

  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu

Obat-obatan tertentu seperti anti-depresan, steroid yang bisa mengatasi inflamasi atau gangguan autoimun, pil KB serta anti-psikotik bisa mempunyai efek samping peningkatan gula darah. Jadi, jika Anda mempunyai penyakit diabetes dan mengalami masalah kesehatan lainnya, ada baiknya konsultasikan kepada dokter guna mencegah komplikasi atau resiko lainnya.

  • Melewatkan sarapan

Beberapa orang mungkin sering melewatkan sarapan sebelum memulai beraktivitas. Padahal sarapan penting untuk semua orang, bukan hanya untuk pengidap diabetes saja. Journal diabetes care mengatakan bahwa ketika penderita diabetes tipe 2 melewatkan sarapan, maka sel beta pankreas yang berfungsi menghasilkan insulin tidak akan bekerja secara maksimal. Jadi, jangan sampai melewatkan sarapan lagi ya!

  • Suhu yang ekstrem

Penderita diabetes sangat rentan sekali terhadap perubahan suhu. Suhu yang ekstrim baik terlalu panas atau terlalu dingin bisa mengganggu regulasi gula darah. Suhu yang tinggi bisa membuat pembuluh darah melebar sehingga meningkatkan penyerapan insulin dan memicu gula darah rendah.

Baca juga: 5 Ciri-ciri Mata Minus yang harus diwaspadai

Karena itu ketika suhu terlalu tinggi atau rendah, cobalah untuk terus berada didalam ruangan dan selalu kontrol kadar gula darah Anda.

Setelah mengetahui kelima hal mengejutkan yang bisa menyebabkan gula darah naik, jangan lupa untuk selalu kontrol gula darah Anda. Terapkan gaya hidup sehat dan konsumsi obat-obatan sesuai anjuran dari dokter.

Posted by harussehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *