5 Khasiat Pete Untuk Asam Urat

5 Khasiat Pete Untuk Asam Urat

5 Khasiat Pete Untuk Asam Urat – Pete atau petai merupakan makanan khas Indonesia yang cukup mudah ditemukan di mana saja karena dapat tumbuh diberbagai wilayah Indonesia. Beberapa orang mungkin tak suka dengan baunya.

5 Khasiat Pete Untuk Asam Urat

Tapi dibalik baunya tersebut ternyata menyimpan sejumlah manfaat. Salah satu manfaatnya bisa dirasakan oleh para penderita asam urat. Beberapa kandungannya cukup ampuh menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh. Untuk mengetahui apa saja khasiat pete untuk asam urat, simak selengkapnya berikut ini.

  • Mencegah pembentukan asam urat

Khasiat pete untuk asam urat yang pertama adalah dapat mencegah pembentukan asam urat dalam tubuh. Menurut sebuah riset, pete mengandung magnesium tinggi yang dapat mencegah pembentukan asam urat dalam tubuh.

  • Menurunkan kadar asam urat

Pete juga mengandung vitamin C yang bisa menurunkan kadar asam urat pada orang dewasa. Dari sebuah riset, terbukti vitamin C mampu menurunkan kadar asam urat tinggi dan mencegah serangan asam urat.

  • Mencegah pembentukan batu ginjal akibat asam urat

Potassium yang terkandung dalam pete dapat mencegah pembentukan batu ginjal akibat asam urat. Karena potassium pada pete dapat menetralkan kadar asam urat dalam urin. Kandungan tersebut bisa membantu kinerja ginjal untuk mengeluarkan asam urat dalam bentuk urin.

  • Meningkatkan fungsi tubuh

Pete juga mengandung kalium yang mampu meningkatkan fungsi tubuh. Kalium bisa mengendalikan keseimbangan asam basa tubuh sekaligus menjaga jantung supaya dapat melakukan aktivitas listrik secara normal, membangun otot serta mengubah glukosa jadi glikogen untuk dimanfaatkan sebagai energi. Disamping itu, kalium juga berfungsi menyeimbangkan cairan tubuh dan bisa melindungi fungsi ginjal, tulang serta sistem kardiovaskular.

  • Mengandung flavonoid

Flavonoid dalam pete adalah salah satu jenis antioksidan alami yang dapat menurunkan resiko terserang penyakit asam urat. Maka konsumsi pete, agar asam urat dapat dihindari serta kadarnya dapat dikurangi.

Nah itulah 5 khasiat pete untuk asam urat yang sudah terbukti. Jadi pete ini dapat menjadi alternatif makanan yang cocok untuk dikonsumsi para penderita asam urat. Sekian dan semoga bermanfaat.

Posted by harussehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *