5 Penyebab Wasir yang Sering Diabaikan

5 Penyebab Wasir yang Sering Diabaikan

5 Penyebab Wasir yang Sering Diabaikan – Penyakit wasir atau hemorroid merupakan gangguan aliran darah  pada vena yang terjadi di area anus atau rektum. Gangguan ini bisa menyebabkan pembengkakan dan terkadang bisa mengalami perdarahan jika sudah parah.

5 Penyebab Wasir yang Sering Diabaikan

Wasir menyebabkan semua penderitanya, baik pria atau wanita mengalami gangguan ketika duduk dan ketika buang air besar. Lantas apa yang menyebabkan wasir terjadi? Gangguan wasir akan mundah sekali terjadi jika ada beberapa faktor atau pemicu berikut ini.

  • Kehamilan

Ketika sedang hamil, rahim akan terus mengalami pembesaran dan akhirnya bisa menekan daerah panggul yang dipenuhi dengan vena. Ketika tekanan dari rahim ini makin besar, peredaran darah bisa terganggu dan sebabkan wasir meski derajatnya berbeda beda.  Wasir pada wanita yang sedang hamil biasanya akan sembuh usai wanita tersebut melakukan persalinan.

  • Sembelit atau konstipasi

Seseorang yang seringkali mengalami sembelit atau konstipasi atau susah buang air besar biasanya sering mengejan. Aktivitas mengejan yang sering inilah yang tidak bagus untuk kesehatan anus. Pembuluh darah di area tersebut bisa saja mengalami pembengkakan dan akhirnya memicu terjadinya wasir.

  • Obesitas

Berat badan yang terus menerus naik akan memberi tekanan pada otot rektal. Tekanan ini bisa menyebabkan peredaran darah tak mampu berjalan dengan lancar dan kemudian memunculkan wasir. Gangguan ini bisa sembuh jika berat badan turun secara perlahan-lahan.

  • Seks anal

Seks anal sangat beresiko menyebabkan luka di dinding anus. Luka dan juga tekanan tentu dapat menyebabkan gangguan di pembuluh darah yang ada di sekitarnya hingga secara perlahan menyebabkan wasir terbentuk.

  • Faktor usia

Usia yang semakin tua juga cukup rentan mengalami wasir. Berbagai kebiasaan buruk yang sering dilakukan, bisa memicu terbentuknya wasir yang menyiksa dan kadang akan sering kambuh jika tubuh terlalu lelah.

Nah itulah 5 Penyebab Wasir yang Sering Diabaikan. Semoga gangguan wasir ini tidak mengenai kita semua ya, salam sehat keluarga Indonesia!

Posted by harussehat.com | 5 Penyebab Wasir yang Sering Diabaikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *