5 Tanaman Herbal Atasi Asam Urat

5 Tanaman Herbal Atasi Asam Urat

5 Tanaman Herbal Atasi Asam Urat – Penyakit asam urat adalah suatu penyakit yang sering kita jumpai, mulai dari kalangan usia lanjut sampai anak muda pun dapat terseranginya. Jika ditela’ah, penyakit asam urat ini dapat menyerang persendian seseorang maka tak heran jika gejalanya akan menimbulkan tubuh sulit beraktivitas.

5 Tanaman Herbal Atasi Asam Urat

Rasa sakit, kesemutan, sulit digerakan dan rasa panas dibagian sendi jika disentuh merupakan gejala umum yang biasa dirasakan oleh mereka yang terkena asam urat. Bahkan membuat mereka akan demam menggigil, akibat rasa sakit yang begitu tajam dan menusuk dibagian sendinya. Meskipun penyakit asam urat terkenal tidak berbahaya, tetapi jika terlalu dibiarkan begitu saja akan menjadi suatu penyakit yang berbahaya juga.

Nah, untuk mencegah penyakit asam urat Anda bisa mencoba mengatasinya dengan memanfaatkan tanaman herbal yang ada disekitar rumah Anda sendiri. Selain mudah ditemukan, tanaman herbal mampu mengurangi gejala asam urat secara alami. Lantas, tanaman apa saja yang bisa menyembuhkan asam urat? Simak selengkapnya dibawah ini.

  • Akar pohon pepaya gantung

Menggunakan tanaman akar pohon pepaya gantung, memang sering dijadikan sebagai obat herbal asam urat. Dan tentunya akar pohon pepaya ini memiliki kandungan yang dapat meredakan rasa nyeri akibat asam urat. Untuk meredakan akibat nyeri tersebut, Anda bisa memanfaatkannya dengan cara merebus akar pohon yang telah dipotong kecil-kecil dan ambilah airnya. Hasil akan maksimal jika Anda mengonsumsinya 3x dalam sehari.

  • Daun sambiloto

Tanaman sambiloto ini merupakan tanaman khas India yang sering dikenal dengan sebutan kayu mas atau bidara. Tanaman ini sering dijadikan sebagai herbal asam urat, karena memiliki senyawa aktif yang bisa merangsang racun didalam tubuh hingga asam urat tidak dapat terjadi lagi. Untuk cara membuat dari tanaman ini, Anda cukup merebus daun sambiloto dengan kunyit secukupnya saja. Konsumsilah setiap hari secara teratur untuk mengoptimalkan rasa sakit akibat asam urat tidak datang kembali.

  • Daun salam

Selain sebagai penyedap rasa masakan, daun salam ternyata memiliki kandungan yang mampu menurunkan asam urat. Alkaloid, tannin, falvonoid dan minyak atsiri yang terdapat pada daun salam inilah merupakan kandungan aktif yang bisa kita manfaatkan untuk mengobati asam urat dan rematik. Untuk mengolahnya, cukup Anda menyiapkan 10 lembar daun salam, rebus dengan air sekitar 200 cc. Ambil airnya dan konsumsilah selagi masih hangat.

  • Tanaman anting-anting

Kebanyakan orang, tanaman anting-anting ini sering disebut dengan tanaman akar kucing. Selain mudah ditemukan, tanaman ini memiliki khasiat yang mampu untuk kesehatan terutama mengobati asam urat. Untuk mengolah tanaman ini sebagai penawar asam urat, Anda bisa mengolahnya dengan cara merebus akar tersebut yang sebelumnya telah dikeringkan. Ambil air rebusan anting-anting dan konsumsilah sebanyak 3x dalam sehari.

  • Cengkeh

Cengkeh merupakan jenis rempah rempah yang sering kita manfaatkan untuk bahan masakan ini, ternyata memiliki manfaat yang lebih jauh lagi untuk kesehatan tubuh. Dan tentunya, cengkeh ini memiliki kandungan yang mampu meredakan rasa nyeri dibagian sendi akibat asam urat dan rematik. Cara memanfaatkan cengkeh ini, cukup dengan eraciknya bersama 1 ruas jahe. Dan racikan ini biasanya dimanfaatkan sebagai obat luar atau mengoleskannya pada bagian sendi yang terasa sakit.

Itulah deretan tanaman herbal, yang bisa kalian manfaatkan untuk mengobati asam urat secara alami. Pilih cara yang benar dan cara yang paling tepat, untuk meredakan asam urat tersebut dengan cepat. Semoga bermanfaat ūüôā

Posted by harussehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *