6 Jenis Sayuran untuk Penderita Asam Urat

6 Jenis Sayuran untuk Penderita Asam Urat

6 Jenis Sayuran untuk Penderita Asam Urat – Pernahkan Anda mengalami nyeri sendi dibagian lutut atau pergelangan tangan? Awas, itu adalah gejala asam urat. Meski terlihat sepele, gejala asam urat akan sangat fatal bagi seseorang jika tidak ditangani dengan benar. Selain terasa sakit, sendi juga akan membengkak hingga menimbulkan risiko berbahaya secara permanen.

6 Jenis Sayuran untuk Penderita Asam Urat

Akibat dari kelebihan zat purine didalam tubuh, seseorang akan mudah terkena asam urat hingga kronis. Makanan tak sehat seperti jeroan dan daging sapi inilah, merupakan faktor utama seseorang bisa mengalami gejala asam urat. Hingga membuat kadar purine meningkat dan pembentukan kristal dalam sendi mudah terbentuk.

Dalam menjaga pola makanan, memang harus dilakukan bagi penderita asam urat. Dan untuk menetralkan itu semua, Anda juga perlu mengkonsumsi sayuran sebagai makanan penyeimbang. Nah, berikut ini 6 jenis sayuran yang harus dikonsumsi agar kadar asam urat bisa terkontrol dengan baik. Sayuran tersebut seperti :

  • Tomat

Buah tomat memiliki kandungan seperti zat besi, serat, kalium, fosfor, karbohidarat, protein dan vitamin. Sejumlah kandungan itu, bisa kita manfaat untuk bisa meluruhkan kristal asam urat pada sendi. Sehingga, gejala asam urat bisa diturunkan dengan baik.

  • Mentimun

Timun atau mentimun merupakan jenis sayuran yang harus dikonsumsi penderita asam urat. Hal itu, dikarenakan timun memiliki zat purin rendah yang bisa memberi efek untuk merangsang ginjal untuk menghasilkan urine. Dan hal itu juga bisa mencegah risiko batu ginjal akibat asam urat yang berlebih.

  • Kentang

Kentang merupakan sayuran yang akan kaya karbohidrat. Selain kandungan itu, kentang juga memiliki vitamin B6 dan potassium yang dapat menurunkan kadar asam urat dan pembengkakan.

  • Brokoli

Selain menurunkan kolesterol, brokoli juga memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar asam urat. Didalam brokoli mengandung, juga mengandung sejumlah vitamin C yang dapat memberi efek positif untuk penderita asam urat.

  • Daun seledri

Daun seledri merupakan sayuran yang termasuk peterselin. Didalamnya mengandung senyawa asam folat, sulfur, potassium, seng mangan, vitam A dan B1. Dan semua kandungan itu dapat berfungsi untuk meredakan risiko penyakit asam urat secara alami.

  • Wortel

Selain bagus untuk mata, wortel juga merupakan salah satu sayuran yang baik untuk penderita asam urat. Wortel mengandung vitamin K, serat, folat dan magnesium yang dapat mengatasi peradangan dibagian sendi dan meredakan rasa nyeri dibagian sendi secara alami.

Itulah 6 jenis sayuran, yang wajib dikonsumsi bagi penderita asam urat. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan Anda dan bisa membantu menurunkan gejala asam urat yang sedang Anda alami sekarang. Semoga bermanfaat 🙂

Posted by harussehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *