7 Tips Sehatkan Mata dengan Cepat

7 Tips Sehatkan Mata dengan Cepat

7 Tips Sehatkan Mata dengan Cepat – Pernahkah Anda merasa pusing atau buram dalam penglihatan Anda ketika saat bekerja atau setelah melakukan aktivitas berat? Jika iya, awas mata Anda mungkin sedang tidak sehat. Mata merupakan organ paling penting dan terbilang berharga untuk bisa melakukan aktivitas yang Anda mau.

7 Tips Sehatkan Mata dengan Cepat

Selain mempermudah dalam melakukan sesuatu, mata juga akan membantu kita untuk bisa melihat keindahan alam yang ada disekitar kita. Namun, apabila mata sudah tidak sehat lagi akibat kita yang terlalu kerja keras melakukan sesuatu akan membuat mata lelah.

Apalagi bagi Anda yang tengah asyik main game atau membaca buku terlalu lama dengan posisi dekat juga akan memperusak kinerja mata dan bisa memunculkan kelainan lain pada mata Anda. Nah, untuk menghindari dari penyakit mata. Sebaiknya Anda lakukan tips ini, untuk bisa menjaga mata agar tetap sehat dan bisa berfungsi seperti pada mata normal lainnya. Berikut adalah tipsnya :

  • Atur posisi membaca buku

Dalam mengatur membaca buku, juga harus dilakukan agar mata tidak cepat perih dan tidak menyebabkan kerusakan pada mata. Apalagi, jika posisi membaca buku sambil tiduran harus dijauhi. Sebab kebiasaan yang mungkin terbilang suatu kegiatan yang nyaman, juga akan berpengaruh mata Anda terkena miopi.

  • Atur jarak ketika membaca

Setiap orang mungkin akan memiliki hoby yang tidak sama. Begitu dengan pada orang senang dalam melakukan hal membaca, juga akan berpengaruh pada kesehatan mata jika tidak bisa mengatur dalam menjaga jarak mata pada buku. Apalagi pada orang yang senang membaca lewat layar komputer, harus tetap dijaga karena dapat mempengaruhi risiko mata mengalami buram atau rabun dekat.

  • Luangkan mata untuk istirahat

Jika seseorang tengah keasyikan melakukan aktivitasnya, perlu juga kita mengingat & mengatur tubuh untuk bisa istirahat. Begitu dengan mata, mata juga butuh istirahat untuk melumaskan otot mata agar tidak tegang. Maka dari itu, hal ini harus dilakukan agar mata tidak cepat rusak.

  • Jangan dikucek jika perih

Setelah habis bekerja, mungkin mata akan terlihat perih. Dan kondisi inilah menjadikan seseorang sering mengucek mata pada saat mata terasa gatal. Karena kondisi itu, akan memicu Anda untuk ingin mengucekna berulang kali. Padahal hal itu seharusnya tidak lakukan, sebab dapat menginfeksi mata akibat tangan yang kotor.

  • Mengatur cahaya pada saat membaca

Pada saat membaca, orang biasanya akan lupa pada hal ini. Apalagi pada orang senang membaca dalam cahaya yang gelap/remang-remang juga dapat berpengaruh pada kerusakan mata. Dengan begitu, carilah ruangan yang cahayanya pas untuk Anda bisa membaca lebih nyaman lagi.

  • Memperbanyak mengedip mata

Jika Anda terlalu sibuk menyelesaikan pekerjaan didepan laptop, biasakan jangan terlalu fokus melihat layar laptop. Tetapi, aturlah melakukan kedipan mata dengan intensitas lebih banyak. Hal ini dilakukan agar mata bisa kembali fokus dengan normal.

  • Mengkonsumsi makanan sehat bagi mata

Selain menjaga posisi pada saat membaca, mata juga perlu nutrisi untuk bisa kembali berfungsi dengan normal. Dan biasakan mengonsumsi buah atau sayuran yang bervitamin A seperti wortel.

Itulah 7 tips sehatkan mata, yang bisa Anda lakukan dan biasakan dirumah Anda dengan cepat. Semoga berhasil dan selamat mencoba 🙂

Posted by harussehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *