Alasan Berat Badan Naik Setelah Olahraga

Alasan Berat Badan Naik Setelah Olahraga

Alasan Berat Badan Naik Setelah Olahraga – Anda merasa sudah membenahi asupan makanan dan olahraga dengan teratur tapi kenapa berat badan malah bertambah? Jangan panik dulu, berikut ini beberapa penjelasan mengapa berat badan Anda bertambah banyak setelah olahraga.

Alasan Berat Badan Naik Setelah Olahraga

  • WATER RETENTION

Penyebab berat badan bertambah setelah olahraga adalah water retention. Water retention merupakan kondisi di mana jumlah air yang tertampung di dalam tubuh Anda meningkat. Air sendiri bisa memengaruhi berat badan seseorang hingga 4 kilogram.

Faktanya, berat badan seseorang memang 65% hingga 90% dipengaruhi oleh level air di dalam tubuh. Karena itulah, pil diet sangat populer. Pasalnya, pil diet memaksa air keluar dari dalam tubuh. Meski begitu, berat badan yang dihasilkan oleh pil diet ini sifatnya hanya sementara. Karena pil diet sendiri tidak mengubah komposisi tubuh selain air.

  • MENINGKATNYA MASSA BAGIAN TUBUH

Ketika kita berusaha menurunkan berat badan, kita fokus pada lemak yang dimiliki oleh tubuh. Padahal, selain lemak, berat badan seseorang adalah kombinasi dari tulang, otot, otak, jaringan, getah bening, darah, urine hingga udara.

Nah olahraga bisa meningkatkan massa seluruh bagian tersebut hingga 15 persen. Di samping itu, olahraga intens juga bisa inflamasi, yang nantinya bisa memengaruhi berat badan. Jadi, meningkatnya angka ditimbangan setelah Anda melakukan olahraga tidak berarti buruk ya!

  • LEMAK YANG TERGANTIKAN OTOT

Sebetulnya, 1 pon lemak sama dengan 1 pon otot. Meski begitu, otot lebih padat jika dibandingkan lemak sehingga lebih berat. Ketika komposisi tubuh berubah akibat olahraga, Anda bisa menemukan berat di timbangan bertambah meski sebetulnya lemak tubuh Anda berkurang.

Itulah kenapa obsesi menimbang berat badan merupakan kebiasaan yang buruk. Selain tak akurat, angka di timbangan bisa membuat Anda stres serta kehilangan motivasi.

Posted by harussehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *