Allopurinol Vs Daun Salam untuk Penyakit Asam Urat

Allopurinol Vs Daun Salam untuk Penyakit Asam Urat

Allopurinol Vs Daun Salam untuk Penyakit Asam Urat – Asam urat merupakan penyakit yang kerap menyerang persendian. Hal ini dikarenakan kandungan purin dalam tubuh cukup tinggi. Purin sendiri banyak ditemukan dalam makanan atau minuman tertentu yang dikonsumsi. Karena itulah, penting untuk bisa menjaga pola makan dan minum.

Allopurinol Vs Daun Salam untuk Penyakit Asam Urat

Ketika purin dalam tubuh terlalu tinggi, maka terbentuklah kristal asam urat yang memunculkan rasa nyeri, bengkak dan radang pada persendian. Bila sudah seperti itu, maka pengobatan sangat perlu untuk dilakukan.

Cukup banyak pilihan obat asam urat yang tersedia di apotik yang bisa digunakan. Selain itu, ada juga pilihan obat herbal atau alami yang bisa dicoba untuk mengatasi asam urat. Nah, kali ini kita akan mencari tahu tentang obat kimia vs obat herbal untuk asam urat. Lebih tepatnya Allopurinol vs Daun Salam untuk Penyakit Asam Urat.

ALLOPURINOL

Allopurinol merupakan obat kimia yang dpaat membantu menurunkan asam urat. Selain itu, Allopurinol juga bisa mengatasi penyakit ginjal. Biasanya, Allopurinol tersedia dalam bentuk tablet, bisa dikonsumsi oleh anak-anak dan orang dewasa.

Untuk dewasa, anjuran mengonsumsi obat ini adalah 100-600 mg perhari. Dan untuk anak-anak, sebanyak 10-20 mg perhari. Disesuaikan dengan dosis yang sudah diberikan oleh dokter. Adapun, efek samping jika mengonsumsi Allopurinol secara terus menerus adalah :

  • Kulit terasa panas, memerah, nyeri dan bengkak
  • vertigo
  • mual dan diare
  • perdarahan ketika buang air kecil
  • nyeri otot
  • demam, flu dan sakit tenggorokan
  • Perdarahan pada hidung, dubur, mulut dan vagina

DAUN SALAM

Tentunya daun salam lebih aman dibandingkan Allopurinol. Daun salam memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi dan dapat mengeluarkan zat purin dalam tubuh melalui urine. Cara mengolah daun salam menjadi obat asam urat cukup mudah, yaitu dengan cara merebus daun salam.

ALLOPURINOL VS DAUN SALAM UNTUK PENYAKIT ASAM URAT

Setelah membaca penjelasan di atas, mungkin Anda sudah bisa menentukan cara yang akan diambil untuk mengatasi asam urat. Kebanyakan mungkin akan memilih daun salam sebagai pengobatan asam urat, karena tidak memiliki efek samping yang beresiko.

Hanya saja, hasil pengobatan asam urat dengan daun salam memang tak secepat jika mengonsumsi obat kimia. Diperlukan kesabaran dan konsisten yang tinggi jika ingin menyembuhkan asam urat dengan daun salam.

Posted by harussehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *