Apakah Petai Bisa Meningkatkan Asam Urat?

Apakah Petai Bisa Meningkatkan Asam Urat?

Apakah Petai Bisa Meningkatkan Asam Urat? – Penyakit asam urat adalah jenis penyakit kronis yang saat ini banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Belakangan ini, bukan hanya orang tua saja yang bisa mengalami penyakit asam urat. Mereka yang masih bisa dikatakan berusia muda pun bisa mengalaminya.

Apakah Petai Bisa Meningkatkan Asam Urat?

Penyakit asam urat muncul disebabkan karena pola makan yang tidak baik dan terlalu banyak mengonsumsi makanan berpurin tinggi. Karena itu, penting untuk memerhatikan setiap makanan yang akan dikonsumsi, termasuk petai.

Petai menjadi salah satu jenis makanan yang cukup memiliki banyak penggemar. Petai memiliki cita rasa yang khas yaitu bisa menghasilkan bau yang menyengat dan tidak mengenakan. Lantas, apakah petai bisa meningkatkan asam urat? Simak penjelasannya berikut ini.


Petai mengandung beberapa nutrisi yang cukup baik bagi kesehatan tubuh, di antaranya:

  • Giji makro lengkap

Petai mengandung zat makro yang lengkap yaitu karbohidrat protein dan lemak yang diperlukan oleh tubuh.

  • Kandungan mineral

Mineral sangat diperlukan oleh tubuh dan adanya kandungan mineral pada petai pasti bermanfaat untuk tubuh. Mineral yang ada di dalam petai adalah magnesium dan kalsium.

  • Asam amino triptofan

Asam amino triptofan dalam petai bermanfaat bagi sistem saraf. Senyawa tersebut bisa mencegah atau mengurangi masalah stress pada seseorang.

  • Kandungan lainnya

Petai mengandung sulfur yang bagus bagi organ hati untuk mengeluarkan racun didalam tubuh. Selain itu, petai juga mengandung polisulfida siklik yang bisa membantu mengurangi kerusakan ginjal.


Bila dilihat dari kandungan yang ada di dalam petai tersebut, maka petai adalah salah satu jenis makanan yang bagus untuk kesehatan tubuh. Namun sayang, petai adalah salah satu jenis sayur yang mengandung zat purin tinggi di dalamnya.

Zat purin inilah yang bisa menyebabkan kadar asam urat dalam tubuh meningkat. Pasalnya, zat purin didalam tubuh akan dimetabolisme oleh enzim xanthine oksidase menjadi asam urat. Makin banyak mengonsumsi petai, tentu bisa menyebabkan asam urat bertambah banyak di dalam darah.

Jadi bagi penderita asam urat, mengonsumsi petai sebaiknya dihindari. Karena petai mengandung zat purin yang tinggi. Melalui penjelasan tersebut, tentu bisa menjawab pertanyaan Anda tentang apakah petai bisa meningkatkan asam urat. Sekian dan semoga bermanfaat.

Posted by harussehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *