Bahaya Makan Jengkol Bagi Penderita Asam Urat

Bahaya Makan Jengkol Bagi Penderita Asam Urat

Bahaya Makan Jengkol Bagi Penderita Asam Urat – Jengkol adalah salah satu jenis makanan yang mempunyai bau yang sangat khas. Jenis makanan satu ini cukup banyak disukai, namun ada juga yang tidak suka karena baunya tersebut.

Bahaya Makan Jengkol Bagi Penderita Asam Urat

Jengkol memiliki nutrisi dan juga protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menggantikan sel tubuh yang rusak. Disamping itu, jengkol juga memiliki zat besi yang cukup baik untuk pembentukan hemoglobin.

Tapi dibalik deretan manfaat tersebut ternyata jengkol memiliki sejumlah bahaya apabila dimakan oleh penderita penyakit asam urat. Karena itu, jika Anda menderita asam urat sebaiknya hindari jenis makanan yang satu ini agar terhindar dari beberapa bahaya berikut ini.

  • Meningkatkan Produksi Purin

Penderita penyakit asam urat sangat dilarang mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan purin di dalamnya. Termasuk jengkol, makanan yang satu ini mengandung purin yang sangat tinggi sehingga dapat meningkatkan produksi purin di dalam tubuh.

  • Mempercepat Pengkristalan Asam Urat

Mengkonsumsi jengkol rupanya juga dapat mempercepat terbentuknya kristal-kristal asam urat didalam tubuh. Jika pengkristalan asam urat semakin cepat, maka penyaluran oleh darah ke daerah persendian pun juga akan makin cepat serta akan makin menumpuk.

  • Mempercepat Peradangan Asam Urat

Jika kristal-kristal asam urat cepat menumpuk di daerah persendian, maka peradangan pada persendian pun akan makin cepat pula. Dengan demikian, jika kondisi tersebut terus menerus dibiarkan begitu saja tanpa adanya perawatan khusus maka bisa memunculkan gejala-gejala berupa rasa nyeri, pegal, panas dan kemerahan di bagian sendi.

Bahkan apabila kondisinya sudah begitu parah, persendian dapat mengalami pembengkakan dan akan sangat susah untuk digerakkan. Bila sudah terjadi seperti itu, aktivitas harian Anda dapat terganggu.

Berdasarkan pernyataan di atas, sudah sangat jelas kalau jengkol merupakan salah satu jenis makanan yang sangat tidak boleh dimakan oleh para penderita penyakit asam urat. Jadi pertimbangkan kembali jika Anda ingin memakannya. Sekian, semoga informasi ini bermanfaat.

Posted by harussehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *