Benarkah Asam Urat Dapat Menyerang Leher dan Kepala?

Benarkah Asam Urat Dapat Menyerang Leher dan Kepala?

Benarkah Asam Urat Dapat Menyerang Leher dan Kepala? – Penyakit asam urat adalah jenis penyakit yang jumlah pengidapnya terus bertambah di Indonesia. Hal ini didasari oleh sikap acuh masyarakat dalam mengkonsumsi makanan tertentu secara berlebihan. Tepatnya, makanan yang mengandung purin seperti jeroan, seafood, daging dan lain-lain.

Benarkah Asam Urat Dapat Menyerang Leher dan Kepala?

Dalam kadar yang normal, sebetulnya purin bermanfaat bagi tubuh. Tapi bila berlebihan kadarnya akan sulit untuk dibuang setelah proses metabolisme. Alhasil menumpuklah di dalam tubuh. Penumpukan purin ini akan bertambah banyak dan pada akhirnya terbentuklah kristal asam urat. Organ tubuh yang kerap menjadi lokasi penumpukan kristal asam urat di antaranya jari dan pergelangan kaki, tangan, siku hingga lutut.

Penumpukan kristal asam urat tersebut memunculkan gejala yang sangat jelas seperti pembengkakan atau peradangan hingga perubahan warna kulit. Jelas hal ini dapat menurunkan kepercayaan diri serta menghambat kelancaran aktivitas. Sama halnya dengan gejala nyeri leher atau kepala yang kerap menyerang penderita asam urat. Tapi benarkan asam urat dalam artian sesungguhnya yaitu penumpukan kristal asam urat mungkin terjadi diorgan lain seperti leher dan kepala?

ASAM URAT PADA LEHER

Saat leher terasa nyeri, banyak masyarakat yang menganggap bahwa hal tersebut berasal dari hal sepele seperti salah posisi saat duduk atau tidur. Namun ternyata banyak orang yang belum mengetahui bahwa sakit di leher bisa terjadi karena asam urat. Meski hal ini jarang dialami.

Pada leher, selain akibat terlalu sering makan makanan berpurin, asam urat bisa dikarenakan oleh hal-hal lain seperti penumpukan lemak. Lemak yang menumpuk bersama purin dapat memperparah aliran purin akibat tersumbat oleh lemak. Hal ini sangat memungkinkan purin mengalir menuju bagian tubuh tertentu seperti leher.

Asam urat pada leher mempunyai berbagai gejala yang mirip dengan asam urat pada organ tubuh lainnya yaitu seperti ketidaknyamanan di leher. Seolah terlalu lelah, leher menjadi kaku dan mengalami nyeri yang sangat luar biasa. Gejala-gejala tersebut dapat menyebabkan Anda untuk terus berbaring. Hal ini jelas mengganggu rutinitas sehari-hari.

ASAM URAT PADA KEPALA

Penyakit asam urat yang kerap menyebabkan sakit kepala ini sering diartikan bahwa kristal asam urat menumpuk di kepala. Faktanya, hal ini disebabkan oleh berbagai hal lain. Penyebab pengidap asam urat mengalami sakit kepala cukup beragam.

Seperti stres karena kadar asam urat makin tinggi, stres karena larangan untuk mengonsumsi makanan minuman favorit yang mengandung purin hingga sakit kepala sebagai efek lanjutan dari kristal asam urat yang menumpuk di organ-organ lain.

Kasus asam urat pada kepala ini sangat jarang terjadi. Tapi pernah dilaporkan oleh salah satu jurnal bahwa ada kasus asam urat menumpuk di tulang mandibula yang berada di rahang bawah yang merupakan bagian dari kepala.

Untuk mengatasi rasa nyeri di bagian leher atau kepala akibat asam urat, Anda bisa menggunakan obat oles asam urat. Untuk aturan makanan, pengidap juga harus bisa membatasi bahkan menghindari makanan atau minuman yang bisa menyebabkan kadar asam urat meningkat dalam tubuh.

Posted by harussehat.com

Benarkah Asam Urat Dapat Menyerang Leher dan Kepala?

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *