Bolehkah Berhenti Minum Obat Setelah Gula Darah Stabil?

Bolehkah Berhenti Minum Obat Setelah Gula Darah Stabil?

Bolehkah Berhenti Minum Obat Setelah Gula Darah Stabil? – Sebagai pengidap diabetes, mungkin Anda bertanya-tanya, “Apakah suatu saat saya dapat berhenti minum obat?”. Terutama jika gula darah Anda sudah stabil.

Bolehkah Berhenti Minum Obat Setelah Gula Darah Stabil?

Sebetulnya, mengonsumsi obat diabetes merupakan sebuah kebutuhan bagi para pengidap diabetes untuk bisa mengendalikan gula darah.

Bila Anda ingin tahu seputar berhenti minum obat, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah berkonsultasi dengan dokter. Dan berikut hal-hal yang harus Anda ketahui bila ingin berhenti mengonsumsi obat diabetes.

Alasan Ingin Berhenti Minum Obat

Anda boleh-boleh saja bertanya ke dokter, apakah Anda boleh berhenti konsumsi obat jika gula darah sudah stabil. Dokter biasanya akan menanyakan alasan lain mengapa Anda ingin berhenti mengonsumsi obat, misalnya:

  • Apakah sulit bagi Anda untuk bisa mengonsumsi obat secara teratur?
  • Apa harga obatnya terlalu mahal untuk Anda?
  • Apakah efek sampingnya menurunkan kualitas hidup Anda?

Nah, kira-kira itulah yang akan ditanyakan dokter kepada Anda. Setelah itu, bersama dokter, Anda harus menentukan cara bagaimana supaya kadar gula darah Anda tetap stabil.

Pada sebagian besar kasus, dokter tak akan menyuruh Anda mengonsumsi obat bila memang tidak dibutuhkan. Untuk dapat berhenti minum obat, diperlukan diskusi secara mendalam antara Anda dengan dokter Anda.

Kapan Obat Bisa Dihentikan?

Pengidap diabetes yang bisa menghentikan pengobatan yaitu mereka yang bisa mengubah gaya hidup, dengan meningkatkan rutinitas olahraga, mengurangi berat badan serta diet khusus diabetes.

Bila 3 hal tersebut terbukti bisa mengembalikan kadar gula menjadi normal. Baru Anda dapat berhenti mengkonsumsi obat. Anda juga dapat berhenti mengkonsumsi obat diabetes, bila sudah mengalami kondisi-kondisi dibawah ini:

  • Kadar hemoglobin A1C kurang dari 7 %
  • Kadar gula darah puasa dipagi hari dibawah 130 mg/dL
  • Kadar gula darah umum dan setelah makan dibawah 180 mg/dL

Demikian artikel tentang “Bolehkah Berhenti Minum Obat Setelah Gula Darah Stabil?” semoga informasi yang telah kami sampaikan ini bermanfaat untuk Anda semua.

Posted by: harussehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *