Cara Mengatasi Sakit Gusi di Rumah

Cara Mengatasi Sakit Gusi di Rumah

Cara Mengatasi Sakit Gusi di Rumah – Membicarakan tentang kesehatan mulut, hal pertama yang kerapkali diingat yaitu gigi. Padahal, radang gusi juga tak kalah menyakitkan dari sakit gigi. Radang gusi bisa disebabkan karena kurang terjaganya kesehatan serta kebersihan gigi.

Cara Mengatasi Sakit Gusi di Rumah

Kondisi ini diawali dengan munculnya plak gigi yang kemudian menjadi karang gigi bila tidak dibersihkan selama sekitar 2 hari. Bila sudah jadi karang gigi, maka akan sulit dibersihkan.

Semakin lama plak dan karang berada di gigi anda, maka semakin tinggi pula resiko gusi teriritasi. Gusi yang teriritasi bisa menyebabkan gusi mudah membengkak dan berdarah. Guna mengatasi radang gusi, berikut merupakan obat yang bisa mengatasi sakit gusi di rumah.

  • Baking Soda dan Air

Baking soda bukan hanya dimanfaatkan untuk membuat kue. Bila dicampurkan dengan air, maka kedua bahan ini dapat menjadi obat sakit gusi. Gosok gigi menggunakan campuran ini bisa menetralisir asam yang ada didalam mulut penyebab masalah pada gusi.

  • Air Hangat dan Garam

Air hangat yang dicampurkan dengan garam rupanya bisa membantu Anda mengatasi sakit gusi. Campuran ini mampu mematikan bakteri dan meringankan peradangan. Campurkan segelas air hangat dengan sedikit garam lalu berkumurlah selama kurang lebih 30 detik.

Campuran air hangat dan juga garam ini juga bisa mengempeskan gusi yang mengalami pembengkakan. Namun yang perlu di ingat, terlalu sering berkumur dengan campuran ini air hangat dan garam ternyata tak baik untuk gigi. Jadi pastikan penggunaannya tidak berlebihan.

  • Teh Hijau

Bukan hanya bisa menurunkan kadar kolesterol dan bagus untuk kulit, teh hijau juga bisa meredakan sakit gusi dan efektif mengurangi bau mulut karena di dalamnya terdapat kandungan antioksidan.

  • Madu

Meski manis, obat sakit gusi yang satu ini mengandung antiseptik dan juga antibakteri alami yang dipercaya bisa mengatasi gusi yang terkena infeksi. Pemanfaatan madu sebagai obat untuk sakit gusi dapat dilakukan setelah Anda menyikat gigi. Caranya mudah, oleskan sedikit madu ke bagian gusi yang terasa sakit dan jangan mengoleskan madu dibagian gigi.

Nah itulah Cara Mengatasi Sakit Gusi di Rumah. Anda tak boleh biarkan sakit gusi akibat radang gusi dibiarkan begitu saja. Karena radang gusi bisa berkembang menjadi periodontitis dan bisa sebabkan komplikasi serius seperti peradangan di bagian dalam gusi.

Jagalah kesehatan gigi beserta mulut Anda. Bila sakit gusi ini muncul, cobalah untuk menggunakan beberapa bahan-bahan di atas sebagai obat sakit gusi. Konsultasikan terlebih dulu kondisi Anda ke dokter gigi supaya Anda memperoleh penanganan yang tepat.

Posted by harussehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *