Cara Mengeringkan Nanah Pada Luka dengan Kayu Putih

Cara Mengeringkan Nanah Pada Luka dengan Kayu Putih – Siapa yang tak mengenal dan mendengar minyak kayu putih? Dari anak sampai orang dewasa, aroma yang khas dari minyak kayu putih sering digunakan sebagai obat penghilang rasa mual, masuk angin atau pun melindungi anak dari serangan gigitan serangga.

Tak hanya terkenal dengan memiliki manfaat seperti itu, kayu putih juga memiliki khasiat lain yang tak jarang didengar oleh masyrakat setempat. Salah satu khasiatnya, mampu mengatasi dan mengeringkan luka akibat jatuh dari motor atau pun luka karena kecelakaan lainnya.

Kebanyakan masyarakat, kayu putih sering dimanfaatkan dalam bentuk minyaknya saja. Tetapi, kulit yang terdapat pada tanaman satu ini ternyata mampu memberikan manfaat yang lebih jauh ketimbang dengan minyaknya. Salah satunya mampu mengobati dan mempercepat pengeringan luka yang bernanah.

Cara Mengeringkan Nanah Pada Luka dengan Kayu Putih

Cara Mengeringkan Nanah Pada Luka dengan Kayu Putih

Tanaman kayu putih memang sejenis tanaman yang sering tumbuh dan bertunas dimana saja. Tanaman satu ini termasuk jenis tanaman eksotik, yang memiliki warna batang kecoklatan dan bentuknya yang begitu ramping. Dicirikan dengan aroma yang begitu khas, tanaman kayu putih bisa mengeringkan nanah pada luka dengan memanfaatkan kulit batangnya.

Kulit pada kayu putih memiliki kandungan aktif seperti melaluicin. Sifat kandungan ini mampu meredakan rasa sakit akibat luka dan sebagai desifektan alami atau mencegah terjadinya infeksi pada luka tersebut. Dari kandungan tersebutlah, manfaat kayu putih ini mampu membersihkan nanah dibagian luka sehingga infeksi tidak terjadi lagi.

Nah, jika Anda mengalami luka bernanah yang tak kunjung mengering dengan cepat. Anda bisa mengobati luka tersebut dengan kulit kayu putih. Bagaimana caranya? ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Ambilah kulit kayu putih yang masih muda secukupnya saja
  2. Siapkan 1 butir asam jawa dan 1 ruas jahe
  3. Cuci ketiga bahan yang sudah disediakan tadi dengan sebersih mungkin
  4. Setelah terlihat kering, tumbuk kulit kayu putih dengan jahe dan asam jawa
  5. Orang dulu, mencampurkan bahan-bahan tersebut biasanya sering mengunyahnya sampai melumat. Tetapi jika Anda tak suka, Anda bisa menumbuk bahan-bahan tadi sampai tercampur rata.
  6. Jika sudah, tempelkan racikan kayu putih tersebut pada luka bernanah
  7. Tunggu beberapa menit dan lakukanlan setiap hari sampai nanah pada luka benar-benar mengering.

Itulah langkah-langkah mengobati luka bernanah dengan kayu putih. Jika luka nanah tak kunjung sembuh, pemberian antibiotik bisa Anda lakukan agar luka tidak mengalami infeksi begitu berat. Semoga bermanfaat untuk Anda dan selamat mencoba 🙂

Posted by harussehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *