Cara Menghentikan Perdarahan dengan Jengger Ayam

Cara Menghentikan Perdarahan dengan Jengger Ayam – Ketika seseorang mengalami keteledoran atau kurang memperhatikan sesesuatu, sehingga membuat Anda akan mengeluarkan perdarahan akibat adanya luka. Luka luar atau luka dibagian dalam, tentunya jangan diremehkan.

Begitu ketika mengeluarkan perdarahan yang lebih, membuat semua orang akan khawatir dan biasanya akan memanggil abulans untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik lagi. Ataupun sebagian orang, juga menggunakan perban sebagai penahan luka agar darah tidak keluar begitu banyak.

Sebenarnya, untuk menghentikan perdarahan akibat luka yang begitu terbuka atau diakibatkan cedera. Bukan hanya bisa disembuhkan oleh obat antibiotik saja. Melainkan ada cara yang begitu alami serta penting, dalam menghentikan perdarahan luka luar atau pun dalam sekejap saja. Yaitu dengan memanfaatkan tanaman jengger ayam.

Cara Menghentikan Perdarahan dengan Jengger Ayam

Cara Menghentikan Perdarahan dengan Jengger Ayam

Tanaman ini memang memiliki jengger seperti dikepala ayam jago, makanya orang sering menyebutnya sebagai tanaman jengger ayam.  Selain indah untuk dijadikan tanaman hias, jengger ayam ini memiliki khasiat dan nilai gizi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh seperti menghentikan perdarahan luka luar atau pun dalam.

Terdapat pada bunganya, jengger ayam ini memiliki senyawa berupa minyak lemak, amranthin dan pinitol. Didalam daunya memiliki senyawa saponin, flavonoid dan polifenol. Meski kebanyakan obat memanfaatkan duannya, tetapi bunga jengger ayam ini juga mampu mengatasi perdarahan akibat wasir, mimisan, muntah darah, batuk berdarah , luka irisan, benturan sampai perdarahan dirahim.

Nah, untuk memafaatkan jengger ayam dalam menghentikan perdarahan luka luar. Anda dapat memanfaatkan jengger ayam yang telah dihaluskan. Balurkan pada luka yang berdarah, agar perdarahan yang keluar sampai bisa berhenti dengan baik. Atau Anda juga bisa memanfaatkan air rebusan dari jengger ayam, untuk dimandikan pada luka tersebut.

Lalu, bagaimana cara menghentikan perdarahan akibat luka dalam dengan jengger ayam? Untuk menghentikan perdarahan dalam, Anda dapat memanfaatkan air rebusan bunga jengger ayam. Caranya cukup mudah, ambil beberapa bunga jengger ayam yang telah dicuci bersih. Lalu, jemurlah sampai bunga jengger ayam terlihat kering. Masukan kedalam air yang mendidih dan tunggulah sampai matang. Pisahkan bunganya dan konsumsilah air rebusan tersebut sebanyak 2 kali sehari.

Sebagian masyarakat, memang sering memanfaatkan bunga jengger ayam ini untuk mengatasi perdarahan. Tetapi, mereka lebih suka mencampurkannya dengan bahan alami lainnya seperti alang-alang dan urang-aring. Jika perlu, Anda dapat menambahkan kedua bahan tersebut untuk memperlezat rasanya. Sekian artikel tentang cara menghentikan perdarahan dengan jengger ayam, mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk Anda ­čÖé

Posted by : harussehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *