Cara Menghilangkan Bau Mulut dengan Cepat

Cara Menghilangkan Bau Mulut dengan Cepat

Cara Menghilangkan Bau Mulut dengan Cepat – Meski bukan sebuah gangguan medis yang berbahaya, namun bau mulut bisa sangat mengganggu. Tak heran, banyak yang mencari cara untuk menghilangkannya. Tapi, jika Anda ingin mencari tahu bagaimana cara menghilangkan bau mulut dengan cepat, begini caranya.

Cara Menghilangkan Bau Mulut dengan Cepat

1. Mengonsumsi yoghurt

Cara yang pertama adalah mengonsumsi yoghurt. Yoghurt mengandung probiotik yang bisa mengusir bakteri jahat yang bersarang didalam mulut. Sehingga bisa membantu Anda menghilangkan bau mulut.

Baca juga: Obat Mata Minus – Silinder – Katarak

Hidrogen sulfida merupakan penyebab mulut menjadi bau. Tapi, yoghurt bisa menurunkan jumlah hidrogen sulfida yang kerap dihasilkan oleh bakteri. Meski begitu, untuk menghilangkan bau mulut tersebut, pilihlah yoghurt plain atau tanpa rasa.

2. Konsumsi buah-buahan

Buah-buahan juga bisa membantu mengusir bau mulut. Buah berperan aktif dalam mencegah pertumbuhan dan aktivitas bakteri yang dapat menyebabkan bau mulut serta sangat bagus untuk melancarkan metabolisme tubuh.

Buah apel memiliki kandungan polifenol yang bisa mematikan bakteri dan senyawa berbau yang ada didalam mulut. Selain apel, Anda juga bisa mengonsumsi jeruk, stoberi atau anggur. Alternatif lainnya yaitu konsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C karena bisa mencegah pertumbuhan bakteri.

3. Kunyah permen karet mint

Menurut Tripti meysman, seorang tenaga ahli medis di bidang kesehatan gigi dan mulut di Amerika Serikat, permen karet merupakan solusi cerdas sebagai langkah untuk menghilangkan bau mulut. Tapi, hindari permen karet yang mengandung pemanis karena bisa merusak enamil gigi. Ada baiknya, pilih permen karet dengan rasa mint.

4. Gunakan obat kumur

Obat kumur adalah salah satu alternatif yang efektif untuk membersihkan daerah mulut. Terutama jika obat kumur tersebut beraroma mint, pasti akan membuat aroma nafas terasa segar dan tak bau. Bahkan obat kumur dapat mengusir bakteri penyebab bau mulut. Agar hasilnya optimal, sebaiknya pilih obat kumur yang memang memiliki kandungan zat aktif untuk mematikan bakteri.

Baca juga: Ciri-ciri Mata Sudah Minus dan Butuh Pengobatan

5. Bersihkan area lidah

Tak hanya di area gigi, bakteri juga bisa bersarang di lidah. Karena itu, penting bagi Anda membersihkan area lidah guna mencegah bau mulut. Pakai alat penggosok lidah untuk membersihkannya. Lalu, kumurlah beberapa kali untuk membuang sisa-sisa bakteri yang menempel. Cara ini cukup efektif untuk mengusir bau yang tak sedap dari mulut.

6. Banyak minum air putih

Pernahkah Anda merasakan bau mulut saat bangun tidur? Hal ini disebabkan karena Anda kurang memproduksi air liur saat Anda tertidur. Kurangnya air liur inilah yang dapat memicu tumbuhnya bakteri.

Pertumbuhan bakteri bisa menyebabkan senyawa sulfur yang memunculkan bau mulut. Nah, air putihlah yang bisa membantu menghilangkan senyawa tersebut dan membantu menyeimbangkan kelembapan produksi liur didalam mulut.

Posted by harussehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *