Cara Menghilangkan Keputihan dengan Kunyit

Cara Menghilangkan Keputihan dengan Kunyit

Cara Menghilangkan Keputihan dengan Kunyit – Kunyit merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang di dalam nya terdapat segudang manfaat baik untuk kesehatan. Rempah-rempah ini tidak hanya digunakan sebagai penyedap makanan saja, namun dapat digunakan juga untuk mengobati masalah keputihan.

Keputihan memang menjadi hal wajar yang terjadi pada wanita karena pada dasarnya merupakan aktifitas hormon. Namun keputihan berlebihan akan menimbulkan gatal dan bau yang tidak sedap. Dengan kandungan zat anti bakteri yang terdapat dalam kunyit dapat membantu mengobati keputihan yang berlebih.

Cara Menghilangkan Keputihan dengan Kunyit

Walaupun di jaman modern ini banyak wanita yang menggunakan cairan pembersih untuk membantu mengobati masalah keputihan, namun menggunakan kunyit yang berasal dari bahan alami akan lebih sehat dan tidak menimbulkan resiko serta efek samping yang membahayakan.

Zat curcuminoid yang terdapat dalam kunyit berfungsi untuk membantu mengurangi masalah peradangan serta mengontrol cairan yang ada pada organ vagina. Dengan adanya kandungan zat tersebut akan membantu menjaga organ vagina tetap sehat.

Berikut cara mengobati keputihan dengan menggunakan kunyit:

  1. Siapkan 2 rimpang kunyit yang telah dihaluskan.
  2. Masukkan ke dalam panci dengan tambahan 2 sdm madu dan 1 gelas air.
  3. Tunggu beberapa menit hingga mendidih.
  4. Setelah itu, angkat air rebusan dan saring ke dalam gelas.
  5. Minum air rebusan selagi masih hangat dan rutin sebelum tidur.

Selain dengan mengonsumsi ramuan kunyit kita juga tetap harus menjaga kebersihan pada organ vagina agar tidak mudah terinfeksi oleh virus dan bakteri, dan pastikan untuk menggunakan celana dalam yang kering dan bersih. Jangan menggunakan celana dalam lembab karena virus dan bakteri sangat menyukai tempat yang lembab.

Tidak hanya bermanfaat untuk mengobati keputihan, ramuan kunyit juga bermanfaat untuk mencegah rasa nyeri pada saat haid, melancarkan haid serta membuat saluran pencernaan menjadi lebih sehat.

Mengonsumsi ramuan kunyit secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping seperti: munculnya rasa tidak enak pada bagian lambung, dan sering terjadi buang air besar. Jadi konsumsilah ramuan kunyit secara rutin dan teratur.

Sekian artikel mengenai cara mengatasi keputihan dengan menggunakan kunyit, semoga dapat menjadi referensi anda dalam mengobati keputihan secara alami.

Posted by: harussehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *