Cara Menghilangkan Panu di Wajah

Cara Menghilangkan Panu di Wajah

Cara Menghilangkan Panu di Wajah – Panu adalah penyakit kulit yang sering ditemukan di negara beriklim tropis serta lembap, termasuk Indonesia. Penyakit kulit yang satu ini terjadi akibat infeksi jamur yang bernama Malassezia. Cuaca yang panas dan lembap, produksi keringat berlebihan, kulit berminyak hingga sistem kekebalan tubuh yang lemah dipercaya menjadi faktor resiko munculnya panu di wajah.

Cara Menghilangkan Panu di Wajah

Selain sering terjadi di wajah, panu juga dapat muncul di dada, punggung, leher dan lengan bagian atas. Panu ini sering muncul tanpa disadari terutama bila terjadi di bagian kulit yang tak terlihat.

Meskipun panu bukan termasuk penyakit yang berbahaya. Tapi kehadirannya bisa membuat sebagian orang merasa sangat tidak nyaman. Terutama ketika panu muncul di wajah. Karena itulah, Anda bisa melakukan berbagai perawatan untuk menghilangkan panu di wajah berikut ini.

  • Krim dan Sampo Antijamur

Ini adalah bentuk obat panu yang umum dipakai. Penggunaan krim dan juga sampo antijamur dinilai cukup efektif untuk mengatasi infeksi yang terjadi akibat jamur Malassezia. Pilihlah krim dan sampo antijamur yang mengandung miconazole, clotrimazole atau selenium sulfida.

Untuk mengurangi resiko efek samping yang mungkin muncul pada kulit, selalu berkonsultasilah pada dokter sebelum memakainya. Cara Menghilangkan Panu di Wajah

  • Obat Antijamur

Bila penggunaan krim atau sampo antijamur kurang efektif untuk menghilangkan panu yang ada di wajah, anda bisa mengonsumsi tablet antijamur. Tablet antijamur dapat mengatasi panu. Meski efektif, tapi tablet antijamur ini bisa memunculkan efek samping berupa sakit perut serta munculnya ruam di kulit. Untuk memperoleh obat antijamur yang tepat anda harus berkonsultasi ke dokter.

Umumnya, dua perawatan ini cukup efektif untuk mengatasi panu. Namun untuk mengembalikan warna kulit wajah seperti semula memerlukan waktu berminggu-minggu dan bahkan berbulan-bulan. Jika pengobatan secara mandiri tak memberi hasil yang memuaskan, maka sebaiknya segera melakukan pemeriksaan ke dokter guna memperoleh pengobatan yang tepat.

Posted by harussehat.com

Cara Menghilangkan Panu di Wajah

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *