Cara Mengobati Asam Urat dengan Mentimun

Cara Mengobati Asam Urat dengan Mentimun

Cara Mengobati Asam Urat dengan Mentimun – Memiliki riwayat penyakit asam urat tentu saja membuat Anda cukup tersiksa. Bukan hanya tersiksa oleh rasa nyerinya, tapi juga karena ketatnya pola makan yang harus Anda jaga.

Cara Mengobati Asam Urat dengan Mentimun

Banyak sekali makanan yang harus dipantang oleh para pengidap asam urat seperti jeroan, daging, dan alkohol. Ketiganya diperkaya oleh kandungan purin yang mampu picu kenaikan kadar asam urat. Tapi ada juga makanan yang baik dan boleh dikonsumsi lantaran mempunyai zat yang dapat mengurangi kadar asam urat.

Salah satu makanan yang boleh dikonsumsi karena bisa menurunkan kadar asam urat adalah mentimun. Kira-kira anfaat apa saja yang dapat Anda peroleh dari mentimun? Simak selengkapnya berikut ini.

Manfaat mengonsumsi mentimun untuk Penderita Asam Urat

Berikut merupakan sejumlah manfaat mentimun untuk para penderita asam urat yang perlu Anda ketahui:

  • Mentimun adalah buah berpurin rendah

Bagi para penderita asam urat yang menjalani diet rendah purin. Mentimun merupakan salah satu buah yang mempunyai kandungan zat purin cukup rendah. Dalam 100 gram nya, mentimun hanya mempunyai 7.3 mg zat purin saja. Hal ini tentu cukup baik untuk penderita asam urat yang tengah menyusun daftar menu yang boleh dikonsumsi.

  • Mentimun bisa mengatasi peradangan

Mentimun dipercaya dapat mengatasi peradangan. Di mana penderita asam urat identik sekali dengan peradangan pada sendi. Zat yang terdapat di dalam mentimun dapat mencegah enzim pro-inflamasi yang dapat meradangkan bagian tubuh.

  • Mentimun dapat menambah asupan air yang dibutuhkan oleh tubuh

Rasa nyeri yang dirasakan para pengidap asam urat adalah akibat dari tak terkontrolnya kadar asam urat dalam tubuh. Umumnya, dokter akan menyarankan Anda untuk mengkonsumsi air putih saat mengalami rasa nyeri akibat asam urat.

Air putih menjadi salah satu cairan yang dapat menurunkan kadar asam urat. Nah, kandungan air dalam mentimun ini juga bisa membantu menambah asupan air yang dibutuhkan para penderita asam urat untuk mengurangi kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh.

  • Mentimun mampu menormalkan kadar asam urat tinggi

Mentimun mengandung vitamin C yang ternyata mampu menurunkan kadar asam urat yang tinggi menjadi normal.

Itulah manfaat mentimun untuk penderita asam urat. Lalu bagaimana cara mendapatkan manfaatnya? Mari ikuti beberapa cara mudah untuk mendapatkan manfaat dari mentimun.

Cara Mengolah Mentimun untuk Penderita Asam Urat

Mentimun dapat Anda jadikan sebagai camilan. Mentimun bisa dijadikan sebagai camilan sehat untuk Anda. Kupas dan bersihkan mentimun kemudian potong-potong sesuai selera. Anda juga dapat menambahkan buah lainnya sebagai variasi rasa.
Bisa juga Anda membuat jus mentimun yang segar. Untuk memperoleh manfaat dari mentimun, Anda dapat membuatnya menjadi jus yang segar pula. Siapkan 1 buah mentimun yang sudah dikupas bersih dan siapkan juga buah lemon serta 2 cm rimpang jahe. Setelah semuanya disiapkan, Anda dapat memulai memblender semua bahan-bahan tersebut. Jus mentimun bisa Anda nikmati.


Nah itulah informasi tentang Cara Mengobati Asam Urat dengan Mentimun. Cukup mudah bukan? Anda bisa mencobanya di rumah. Semoga bermanfaat.

Posted by harussehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *