Cara Mengobati Asam Urat Secara Sederhana

Cara Mengobati Asam Urat Secara Sederhana

Cara Mengobati Asam Urat Secara Sederhana – Dalam dunia kesehatan penyakit asam urat sudah tak asing lagi di telinga orang-orang. Ya, penyakit yang menyerang persendian tubuh seperti jari kaki, jari tangan, lutut, siku dan pergelangan tangan ini dapat menyerang siapa saja.

Cara Mengobati Asam Urat Secara Sederhana

Rasa nyeri yang muncul pun bisa dibilang luar biasa. Bahkan ada yang bisa sampai membuat beberapa bagian tubuh membengkak dan meradang. Seram bukan? Gejala yang sering muncul jika seseorang menderita asam urat adalah badan terasa mudah lelah dan pegal linu. Terutama di bagian bahu, pundak, punggung, pinggang dan lutut.

Tapi tidak perlu khawatir, dengan kekuatan doa dan usaha tentu semua penyakit dapat disembuhkan bukan? Nah selain menggunakan obat khusus dari dokter, rupanya asam urat juga dapat di atasi dengan menggunakan bahan alami. Mari simak beberapa cara mengobati asam urat secara sederhana berikut ini.

  • Konsumsi Air Mineral

Pengobatan asam urat yang paling mudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan memperbanyak mengonsumsi air mineral. Usahakan mengonsumsi air mineral sebanyak 2-3 liter per harinya guna membantu kinerja ginjal untuk lebih maksimal dalam mengeluarkan asam urat dari tubuh.

  • Minum Larutan Baking Soda

Baking soda rupanya bisa melarutkan kristal asam urat. Cara memanfaatkannya cukup mudah, ketika gejala asam urat muncul maka campurkan 1/2 sendok teh baking soda kedalam 200 ml air untuk dikonsumsi 8 kali per hari. Mulai dari sebelum tidur, ketika bangun pagi dan setiap 2-4 jam sekali antara waktu makan. Konsumsi terus hingga gejala asam urat menghilang. Sebagai catatan, cara ini tak boleh dilakukan oleh penderita darah tinggi.

  • Diet Rendah Purin

Mengingat asam urat terjadi karena proses pemecahan purin. Sementara purin ada banyak di dalam beberapa makanan tertentu. Jadi, sebaiknya penderita asam urat harus menghindari berbagai makanan yang mengandung purin. Seperti jeroan, daging merah, makanan laut dan alkohol. Perbanyaklah konsumsi makanan yang mengandung asam lemak esensial seperti susu rendah lemak, roti, sereal, sayur dan buah-buahan.

  • Rebusan Daun Salam

Untuk mengobati asam urat juga dapat dilakukan dengan mengonsumsi air rebusan daun salam. Caranya, rebus 10 lembar daun salam dan air sebanyak 2 gelas. Biarkan hingga mendidih dan airnya tersisa 1 gelas. Minum sebanyak 2 kali sehari hingga gejalanya menghilang.

  • Rebusan Pare

Anda juga bisa membuat rebusan pare yang diketahui juga bisa mengatasi asam urat. Caranya, siapkan 2 gelas air untuk merebus 1 pare yang telah dibersihkan dan dibuang bijinya. Rebus hingga mendidih dan air tersisa menjadi setengahnya. Minum satu kali sehari secara rutin hingga gejala asam urat menghilang.

  • Daun Seledri

Selain digunakan untuk memasak, daun seledri juga rupanya baik untuk mengatasi asam urat karena mengandung asam lemak esensial, klorin, folat, sulfur, potasium, vitamin A, vitamin B1, fosfor dan beberapa mineral penting lainnya.

Cara mengonsumsinya terbilang mudah, Anda dapat merebus 2 gr daun seledri ke dalam air sebanyak 110 ml. Biarkan air mendidih atau rebus selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, saring air dan minum sebanyak 1 kali sehari.

Meski penyakit asam urat memang rata-rata menyerang orang berusia 40 tahun keatas, namun tidak ada salahnya untuk tetap waspada. Terapkan gaya hidup sehat sejak dini agar ketika tua nanti, Anda dapat terhindar dari berbagai penyakit seperti asam urat. Sekian dan semoga bermanfaat.

Posted by harussehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *