Cara Mengobati Jerawat yang Sudah Parah

Cara Mengobati Jerawat yang Sudah Parah

Cara Mengobati Jerawat yang Sudah Parah – Ah… JERAWAT!! Bagaikan mimpi buruk di siang hari. Siapa sih yang tidak sebal bila menemukan ada tonjolan merah kecil pada wajah saat bercermin? Tapi tenang saja, ternyata masih ada pengobatan ampuh untuk jerawat yang sudah parah.

Cara Mengobati Jerawat yang Sudah Parah

Jerawat yang muncul meskipun hanya satu dan dapat hilang sendiri dalam hitungan hari, tetap saja bisa membuat kesal. Terutama bila jerawat yang muncul sangat banyak dan bertahan hingga bertahun-tahun? Kesalnya mungkin tiada tara. Nah, jerawat yang banyak dan menahun tersebut bisa jadi merupakan tanda jerawat parah seperti jerawat kistik.

Jerawat kistik termasuk kategori jerawat parah. Pasti Anda tahu, kalau jerawat itu timbul saat pori-pori kulit mengalami penyumbatan oleh sel-sel kulit mati, bakteri dan minyak. Jika Anda mengalami jerawat parah seperti ini, maka disarankan untuk segera meminta bantuan ke dokter spesialis kulit. Dokter mungkin akan merekomendasikan berbagai obat seperti berikut ini.

  • Antibiotik

Antibiotik untuk masalah jerawat bisa membantu mengendalikan bakteri serta menyembuhkan peradangan. Tapi, kadang-kadang jerawat menolak antibiotik atau tidak merespons antibiotik dengan baik setelah beberapa tahun pemakaian.

  • Isotretinoin

Krim, losion atau gel yang mengandung isotretinoin cukup efektif mengatasi berbagai penyebab jerawat sekaligus menghilangkan jerawat hingga tuntas. Selain dikemas dalam bentuk obat oles, ada juga Isotretinoin yang dikemas dalam bentuk pil.

Tapi ingat, yang perlu diperhatikan adalah hasilnya. Hasil dapat berbeda-beda pada sebagian orang dan obat ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil.

  • Mengkonsumsi Pil KB

Pil KB bisa membantu mengatur hormon pada beberapa wanita. Penggunaan pil KB dan ditambah pengobatan lain sering dipakai sebagai cara ampuh untuk menyembuhkan jerawat yang parah.

  • Spironolactone

Spironolactone adalah obat diuretik yang berfungsi mengeluarkan kelebihan cairan didalam tubuh. Obat ini juga  bisa mengatur kadar hormon serta mengurangi produksi minyak dikulit.

Selain pengobatan dari luar, mengatasi jerawat parah juga dapat dibantu dengan tidak mengkonsumsi makanan-makanan pemicu jerawat. Serta terapkan gaya hidup yang sehat. Bila jerawat Anda tidak kunjung menghilang, segeralah untuk berkonsultasi ke dokter spesialis kulit.

Posted by harussehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *