Cara Menurunkan Asam Lambung Secara Alami

Cara Menurunkan Asam Lambung Secara Alami

Cara Menurunkan Asam Lambung Secara Alami – Masalah asam lambung dapat menyebabkan 2 kondisi di antaranya penyakit maag dan tukak lambung. Tukang lambung jauh lebih berbahaya lantaran menyebabkan adanya luka di bagian lambung.

Cara Menurunkan Asam Lambung Secara Alami

Saat asam lambung naik, maka bagian asam dapat mencapai kerongkongan dan hal ini dapat membuat kesehatan Anda menjadi lebih buruk.

Asam lambung disebabkan karena berbagai kondisi seperti kebiasaan makan yang tak teratur, tingkat asam alami yang tinggi, pola makan yang buruk, riwayat dalam keluarga serta adanya beberapa penyakit tertentu. Tapi apapun penyebabnya, Anda bisa mencoba beberapa cara menurunkan asam lambung secara alami berikut ini.

  • Minum Jus Lidah Buaya

Gel yang terkandung dalam lidah buaya bisa mengatasi peradangan yang terjadi di dalam perut. Anda bisa membuat lidah buaya menjadi jus. Jus lidah buaya sangat bagus untuk membantu mengatasi tukak lambung bahkan jus lidah buaya bisa meredakan peradangan pada kerongkongan akibat keseringan terkena asam lambung.

Anda dapat memilih gel lidah buaya segar dan buatlah jus dengan air mineral atau bisa juga dengan air kelapa. Namun ingat, jangan terlalu banyak minum jus ini karena dapat menjadi obat pencahar, sehingga dapat menyebabkan Anda mulas atau diare jika sering dikonsumsi.

  • Makan Buah Pisang Secara Teratur

Pisang termasuk buah yang baik untuk mengatasi masalah asam lambung. Pisang sangat lembut dan dapat diterima dengan baik oleh lambung. Disamping itu, kalium yang terkandung dalam buah pisang dapat membuat detak jantung jadi lebih stabil sehingga bisa menghilangkan stres. Kondisi stres yang stabil inilah yang bisa menenangkan perut, melindungi lapisan perut dan membuat luka lambung dapat diobati dengan baik.

  • Makan Oatmeal Tiap Pagi

Orang yang idap asam lambung tinggi biasanya akan merasa tak nyaman di pagi hari. Kondisi ini kerap membuat penderita asam lambung tak dapat makan pagi. Sebagai cara untuk menurunkan kadar asam lambung, konsumsilah oatmeal hangat tiap pagi.

Kebiasaan ini bisa membuat lapisan pencernaan jadi lebih santai sehingga asam lambung pun tak akan naik. Bahkan lemak sehat yang terkandung dalam oatmeal dapat membuat area esofagus bawah jadi lebih terasa nyaman.

  • Minum Madu dan Air Hangat

Anda bisa mencampurkan beberapa sendok madu kedalam segelas air hangat kemudian aduk dan minum selagi hangat. Madu memiliki beberapa kandungan mineral yang penting untuk mengatasi asam lambung seperti magnesium, seng dan kalsium. Madu juga sifatnya bisa mengatasi peradangan sehingga beberapa kondisi peradangan di saluran cerna dapat disembuhkan.

  • Minum Teh Chamomile

Teh chamomile bagus untuk orang yang idap masalah asam lambung. Teh yang satu ini diyakini dapat menurunkan kadar asam dan membuat lambung dapat bekerja secara normal. Bahkan teh ini dapat membantu mengeluarkan gas dalam perut akibat asam lambung terlalu tinggi. Minum teh chamomile dalam keadaan dingin. Karena bila Anda minum teh chamomile yang panas dapat membuat asam lambung naik.

Semua cara menurunkan asam lambung di atas dapat Anda coba. Tapi bila kondisi asam lambung sudah parah atau berada di dalam kondisi yang riskan, maka sebaiknya Anda mendapat perawatan dari dokter.

Posted by harussehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *