Cara Menstabilkan Gula Darah dengan Kelabat

Cara Menurunkan Gula Darah dengan Kelabat – Menjaga kestabilan gula darah tentu harus konsisten dilakukan oleh para pengidap diabetes. Diabetes merupakan kondisi di mana kadar gula darah dalam tubuh melebihi batas normal. Tidak heran, berbagai upaya, baik yang sifatnya medis ataupun non medis kerap dilakukan.

Salah satu cara pengobatan yang kerap dipilih dan dilakukan adalah mengonsumsi obat tradisional. Pasalnya obat tradisional lebih minim efek samping bahkan ada yang nyaris tidak memiliki efek samping. Nah berbicara obat tradisional, pada pembahasan kali ini, kita akan membahas kelabat.

Selain sering digunakan dalam kuliner, kelabat atau fenugreek merupakan tanaman beraroma wangi yang diduga bisa membantu menurunkan kadar gula darah. Seperti apa kinerja kelabat dalam menurunkan gula darah? Simak selengkapnya berikut ini.

Cara Menurunkan Gula Darah dengan Kelabat

Cara Menstabilkan Gula Darah dengan Kelabat

Biji kelabat mengandung serat larut yang tinggi. Sehingga dapat menurunkan kadar gula darah dengan cara memperlambat proses pencernaan serta penyerapan karbohidrat. Dari sinilah, kelabat dinilai sebagai tanaman yang bisa menurunkan gula darah.

Beberapa riset sudah dilakukan untuk menyelidiki manfaat anti diabetik kelabat. Beberapa di antaranya menunjukkan, bahwa biji kelabat dapat mengatasi gejala metabolik diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2 dengan cara menurunkan gula darah dan meningkatkan toleransi gula darah

Menurut salah satu penelitian di India, ditemukan bahwa mengkonsumsi bubuk biji kelabat yang lemaknya telah dihilangkan bisa menurunkan gula darah puasa penderita diabetes tipe 1 yang ketergantungan dengan insulin.

Penelitian tersebut juga menunjukkan, bahwa mengonsumsi bubuk biji kelabat yang lemaknya telah dihilangkan bisa meningkatkan tolerasi gula darah. Serta bisa menurunkan kadar kolesterol total, kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida.

Mengkonsumsi 15 gram bubuk biji kelabat secara rutin bisa menurunkan pengingkatan gula darah setelah makan pada pengidap diabetes tipe 2.

Ada juga penelitian yang menunjukkan, bahwa mengkonsumsi 2,5 gram kelabat 2 kali sehari selama 3 bulan dapat menurunkan gula darah pada penderita diabetes tipe 2 yang kondisinya belum terlalu parah.

Karena sejumlah penelitian tersebut, kelabat dianggap sebagai salah satu jenis tanaman yang bisa menurunkan gula darah sehingga dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Posted by harussehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *