Cara Menurunkan Kadar Asam Urat dengan Vitamin C

Cara Menurunkan Kadar Asam Urat dengan Vitamin C – Kadar asam urat yang tinggi dalam darah bisa memicu munculnya beberapa penyakit. Yang sering terjadi adalah gout. Gout merupakan kondisi peradangan di daerah sendi. Hal ini bisa menyebabkan nyeri dan membatasi pergerakan sendi yang terkena gout. Kadar asam urat yang tinggi juga bisa menyebabkan batu ginjal yang dapat memunculkan nyeri dan ketidaknyamanan saat buang air kecil.

Karena kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh bisa menyebabkan berbagai gangguan, maka dibutuhkan penanganan yang baik untuk menurunkan serta mempertahankan asam urat dalam kadar yang normal. Dan beberapa tahun terakhir ini, dunia medis dipenuhi dengan berbagai riset tentang efek mengonsumsi vitamin C dalam menurunkan kadar asam urat.

Sebuah meta analisis yang diterbitkan di jurnal Arthritis Care pada tahun 2011, mencoba melihat efek pemberian suplementasi vitamin C pada seorang pasien yang memiliki kadar asam urat tinggi. Meta analisis ini mengkaji 13 penelitian, dengan jumlah pasien 500 orang. Ternyata, hasil suplementasi vitamin C sebesar 500 mg per hari bisa menurunkan kadar asam urat dalam serum darah.

Cara Menurunkan Kadar Asam Urat dengan Vitamin C

Cara Menurunkan Kadar Asam Urat dengan Vitamin C

Vitamin C (asam askorbat) diduga bisa membantu menurunkan kadar asam urat karena memiliki sifat urikosurik atau membantu pengeluaran asam urat dari dalam tubuh lewat urine. Vitamin C banyak ditemukan pada buah seperti berbagai jenis jeruk, jambu merah dan kiwi.

Untuk efek penurunan kadar asam urat, dosis yang disarankan adalah 500 mg/hari. Pasalnya, mengonsumsi vitamin C lebih dari 2 gr sehari bisa menyebabkan beberapa efek yang tidak diharapkan seperti nyeri perut dan diare. Jadi, ada baiknya Anda tidak berlebihan saat mengonsumsi vitamin C.

Kajian tentang vitamin C dan asam urat ini terbilang masih baru. Jadi, ke depannya masih dibutuhkan penelitian lain pada jumlah populasi yang jauh lebih besar agar semakin yakin pada kemampuan vitamin C dalam menurunkan asam urat.

Itulah peranan vitamin C dalam membantu menurunkan asam urat. Tak ada salahnya Anda mencoba merutinkan konsumsi vitamin C sebagai upaya menurunkan kadar asam urat. Dan jangan lupa, batasi asupan makanan yang mengandung purin tinggi ya, salam sehat!

Posted by harussehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *