Cara Menurunkan Kolesterol Pada Anak

Cara Menurunkan Kolesterol Pada Anak – Selain faktor keturunan, faktor kesibukan juga ternyata sangat memengaruhi. Akibat terlalu sibuk, Anda menjadi tidak sempat untuk menyiapkan dan mengontrol makanan yang dimakan oleh anak. Alhasil, makanan cepat saji menjadi pilihan untuk mencukupi kebutuhan makan anak sehari hari.

Memang sangat praktis, tapi makanan cepat saji biasanya mengandung kadar protein dan juga lemak yang tinggi. Jika anak-anak dibiasakan dengan mengonsumsi makanan praktis ini, maka anak akan mengalami penumpukan lemak serta tingkat kolesterol yang tinggi.

Sama halnya seperti orang dewasa, kadar kolesterol yang berlebihan dalam tubuh dapat meningkatkan risiko anak terkena stroke dan penyakit jantung. Tak ingin dampak dari kolesterol tersebut menimpa anak Anda? Berikut cara menurunkan kolesterol pada anak.

Cara Menurunkan Kolesterol Pada Anak

Cara Menurunkan Kolesterol Pada Anak

Salah satu cara menurunkan kolesterol pada anak adalah mengatasi kegemukan pada anak. Karena kegemukan pada anak cukup berisiko pada kesehatan fisik serta kesehatan mental mereka. Sebab itulah kegemukan pada anak harus diatasi dan dicegah sejak dini supaya tubuh mereka bisa tumbuh serta berkembang dengan baik.

Dalam masa pertumbuhan, anak-anak memerlukan banyak zat gizi. Tapi bila seorang anak mempunyai tubuh yang gemuk maka perlu dilakukan diet. Diet disini bukan mengurangi makanan atau asupan gizinya. Tapi mengatur pola makan yang baik agar tubuhnya menjadi lebih seimbang dengan energi yang dibuang untuk mencegah penumpukan lemak.

Nah bagaimana pola makan yang baik untuk anak-anak?

Berikut tips menjaga pola makan yang baik untuk anak-anak:

  • Tiga kali makan utama dan dua kali makan selingan. Makanan selingan dapat berupa sereal atau buah-buahan.
  • Waktu makan teratur sehingga metabolisme tubuh bekerja dengan baik dan tubuh anak pun jadi sehat dan kuat.
  • Penuhi kebutuhan makanan 4 sehat 5 sempurna tiap hari.
  • Kurangi makanan-makanan dengan gula dan lemak tinggi. Perbanyaklah mengonsumsi makanan berserat dan bervitamin.
  • Ajari anak untuk bisa makan dengan porsi yang pas dan tak berlebihan
  • Agar anak tidak bosan makan di rumah, variasikan menu makannya.
  • Berolahragalah, supaya kelebihan energi tidak menumpuk dalam tubuh sebagai lemak.

Orangtua bisa menjadi seorang teladan untuk anak dengan melakukan hal yang sama pada pola makannya. Orangtua juga bisa mendorong anaknya untuk melakukan olahraga bersama. Bergerak dengan anak bukan hanya bagus untuk kesehatan orangtua dan anak, tapi juga bagus untuk memperkuat ikatan batin antara orangtua dan anak.

Posted by harussehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *