Ciri-ciri Kolesterol Tinggi dan Asam Urat

Ciri-ciri Kolesterol Tinggi dan Asam Urat

Ciri-ciri Kolesterol Tinggi dan Asam Urat – Kolesterol dan asam urat, dua masalah kesehatan ini seringkali dialami oleh masyarakat Indonesia. Biasanya penderita asam urat juga bisa memiliki masalah kolesterol tinggi. Mengingat penyebab kedua masalah kesehatan ini sama yaitu pola makan yang tak sehat.

Ciri-ciri Kolesterol Tinggi dan Asam Urat

Sangat perlu untuk mengetahui ciri-ciri dari kedua masalah kesehatan ini, agar penyakit tidak semakin parah. Nah sebetulnya apa saja ciri-ciri kolesterol tinggi dan ciri-ciri asam urat yang harus dikenali?

  • Sakit Kepala, Pegal dan Kesemutan

Sakit kepala, pegal dan kesemutan merupakan ciri-ciri kolesterol tinggi yang paling utama. Seseorang yang terkena kolesterol tinggi akan merasakan pegal-pegal atau sensasi yang berat di tengkuk dan juga pundak. Disamping itu, ciri-ciri kolesterol tinggi lainnya yaitu kecenderungan untuk lebih mudah merasakan sakit kepala, lelah dan mudah ngantuk.

Gejala kolesterol tinggi yang satu ini rupanya terjadi karena makin menurunnya asupan oksigen menuju otak. Hal ini disebabkan karena menumpuknya plak didalam pembuluh darah yang menyumbat aliran darah. Selain itu penderita kolesterol tinggi juga cenderung mudah mengalami kesemutan.

Jadi, bila anda sering merasa kesemutan jangan biarkan masalah tersebut. Lantaran boleh jadi hal tersebut merupakan tanda kolesterol tinggi yang perlu diwaspadai,

  • Mudah Merasakan Lelah

Bukan hanya pegal-pegal, sakit kepala dan kesemutan, ciri-ciri kolesterol tinggi yang lainnya yaitu mudah merasa lelah. Disamping itu, orang yang mengalami gejala kolesterol tinggi biasanya merasa mudah lelah meski tidak sedang menjalani aktivitas berat.

Penghambatan aliran juga bisa terjadi pada aliran darah ke otak. Sehingga menyebabkan penderita kolesterol sulit untuk berkonsentrasi, mudak ngantuk dan kadang-kadang merasa bingung tanpa sebab.

  • Nyeri Persendian

Ciri-ciri kolesterol dan asam urat yang sering muncul yaitu rasa nyeri atau ngilu di bagian persendian. Lalu diikuti dengan kemerahan dan pembengkakan. Selain itu ketika bangun tidur, pengidap gejala asam urat dan kolesterol juga cenderung terserang kesemutan berulang-ulang kali.

Bila tidak segera diobati, maka rasa nyeri dan pembengkakan bisa bertambah parah yang membuat penderitanya makin kesulitan untuk bergerak.

  • Jantung berdebar-debar

Siapa yang menduga bahwa jantung yang berdebar debar juga dapat menjadi sebuah tanda penyakit kolesterol dan asam urat menyerang tubuh. Tumpukan kolesterol pada pembuluh darah yang terlalu banyak dan kemudian mengeras, membuat jantung harus bekerja keras saat memopa aliran darah. Hal ini mengakibatkan jantung berdebar lebih cepat.

Bila berlangsung terus menerus maka bisa berakibat kelelahan pada jantung yang kerap disebut sebagai kondisi gagal jantung. Jadi, jangan dianggap sepele ciri-ciri penyakit kolesterol dan asam urat agar anda dapat melakukan tindakan preventif guna mencegah kondisi tubuh semakin memburuk.

  • Kadar Kolesterol Melebihi Batas Normal

Ahli kesehatan mengatakan bahwa kadar kolesterol yang normal pada tubuh orang dewasa yaitu sekitar 160 – 200 mg/dL. Untuk mereka yang mempunyai kadar kolesterol lebih dari 240 mg/dL, maka dapat dipastikan bahwa mereka tengah mengalami gejala kolesterol tinggi.

Posted by harussehat.com | Ciri-ciri Kolesterol Tinggi dan Asam Urat

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *