Daun Katuk untuk Pelancar ASI

Daun Katuk untuk Pelancar ASI

Daun Katuk untuk Pelancar ASI – ASI atau Air Susu Ibu memang merupakan makanan utama bagi sibayi yang masih 6 bulanan-2 tahunan. ASI memiliki nilai gizi yang sangat baik, sehingga dapat menutrisi dan menjaga kesehatan bayi agar tidak kelaparan dan tidak kehausan.

Namun, beberapa masalah sering terjadi pada wanita yang sedang menyusui. Akibat seharian mengurusi anaknya sampai waktu istirahatnya terganggu, juga menjadi faktor ASI akan mengandung sedikit dan si bayi tidak merasa tercukupi sesuai kebutuhannya.

Namun, pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara memperlancar ASI dengan baik. Konon, masyarakat dulu agar ASI bisa tetap lancar dengan baik sering memanfaatkan daun katuk sebagai obatnya. Bukan sugesti lagi, inilah alasan mengapa masyarakat dulu lebih percaya dengan daun katuk untuk memperlacar ASI-nya.

Fakta Kandungan Daun Katuk untuk Memperlancar ASI

Daun Katuk untuk Pelancar ASI

Daun katuk atau Sauropus androgynus (L.) Merr merupakan tanaman yang sering tumbuh di Indonesia dan sangat terkenal dengan kandungan manfaatnya. Selain sering dikonsumsi sebagai lalapan, salah satu manfaat dari daun katuk ini bisa dikatakan dapat memperlacar ASI dengan baik.

Dipercaya memiliki khasiat seperti itu, daun katuk memang memiliki senyawa Galactogogue. Senyawa tersebut mampu meningkatkan air susu seorang ibu. Terbukti dengan sebuah peneliti yang diterbitkan dalam BPPKK RI tahun 2004, jika daun katuk dikonsumsi dalam takaran 3x200mg dalam 15 hari setelah proses melahirkan. Dengan mudah, ASI dapat meningkat dan si bayi tidak akan kekurangan ASI.

Dan hal ini juga dibuktikan oleh para peneliti lainnya, bahwa ektrak daun katuk mampu meningkatkan ASI 50,7%. Selain itu, alasan yang manjadikan daun katuk bisa memperlancar ASI, karena memiliki efek hormonal yang akan ditimbulkannya. Efek tersebut dapat memicu Oksitosin dan Gen Prolaktin meningkat dengan mudah. Dan Anda juga tahu, bahwa kedua hormon tersebutlah merupakan pemicu ASI bisa lebih banyak lagi.

Lantas, bagaimana cara memanfaatkan daun katuk untuk ASI bisa lancar kembali? simak langkah berikut ini.

  • Kumpulkan beberapa daun katuk dan cucilah sampa bersih
  • Masukan kedalam blender, lalu tambahkan air matang secukupnya saja
  • Agar rasa bisa lebih manis, Anda dapat menambahkan madu satu sendok teh saja
  • Blenderlah daun tersebut sampai benar-benar tercampur
  • Tuangkan kedalam gelas dan konsumsilah jus daun katuk sebanyak 2x sehari.

Mudah bukan, cara mengolah daun katuk sebagai memperlacar ASI secara alami? Meskipun daun katuk saat ini banyak diproduksi dan dijadikan bahan obat. Tetapi, alangkah baiknya jika Anda mengolahnya sendiri. Tentu lebih jelas, manfaat dan khasiatnya bisa diserap dengan baik tanpa bahan zat kimia apapun. Yuk, manfaatkan daun katuk sekarang juga selagi mudah didapat dan murah untuk dibeli. Semoga bermanfaat 🙂

Posted by harussehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *