Efek Buruk Daun Singkong Bagi Penderita Asam Urat

Efek Buruk Daun Singkong Bagi Penderita Asam Urat – Penderita asam urat memang sering dilema. Bagaimana tidak, ada banyak pantangan makanan yang harus mereka hindari sehingga membuat mereka bingung harus memilih menu makan.

Hal ini dikarenakan zat purin yang merupakan faktor utama naiknya kadar asam urat di dalam tubuh, banyak bersumber dari makanan. Jadi, sangat penting penderita asam urat memilih menu makan.

Hindari berbagai makanan yang mengandung zat purin tinggi agar kadar asam urat dalam tubuh tidak terus meningkat, Satu di antara banyaknya makanan yang mengandung purin tinggi adalah daun singkong. Yap, makanan yang sudah tak asing lagi di lidah masyarakat Indonesia ini ternyata memiliki efek buruk bagi penderita asam urat. Seperti apa efek buruknya?

Efek Buruk Daun Singkong Bagi Penderita Asam Urat

Efek Buruk Daun Singkong Bagi Penderita Asam Urat

Daun singkong yang memiliki cita rasa khas ini sudah tak asing lagi di lidah masyarakat Indonesia. Banyak sekali yang menyukai olahan dari daun singkong. Biasanya daun singkong ini akan direbus untuk dijadikan sebagai lalapan dan dimakan dengan sambal.

Namun jika saat ini Anda idap penyakit asam urat, jangan coba-coba untuk mengonsumsi daun singkong. Pasalnya, makanan yang satu ini cukup berbahaya untuk penderita asam urat.

Daun singkong mengandung zat purin yang tinggi sehingga tidak baik bila harus dikonsumsi oleh penderita asam urat. Jangan sampai tubuh penderita asam urat terus menerus memproduksi zat purin karena hal tersebut bisa mempercepat terjadinya peradangan.

Bahkan jika kadar asam urat terus meningkat di dalam tubuh, penumpukan tidak hanya akan terjadi pada persendian saja, melainkan kadar asam urat juga akan menumpuk di dalam ginjal. Hal ini memicu terbentuknya batu ginjal yang sangat mengancam nyawa.

Nah karena itulah, hindari berbagai makanan yang tinggi akan kandungan purin tinggi seperti daun singkong. Selain itu, Anda juga perlu menjalani pengobatan asam urat. Ada banyak cara mengobati penyakit asam urat, salah satunya minum ramuan penurun kadar asam urat. Sekian, semoga bermanfaat.

Posted by harussehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *