Efek Konsumsi Jamur Bagi Penderita Asam Urat

Efek Konsumsi Jamur Bagi Penderita Asam Urat – Penyakit asam urat adalah penyakit yang seringkali menyerang area sendi. Salah satu penyebab utama terjadinya penyakit asam urat yaitu akibat mengonsumsi bahan makanan yang mengandung zat purin tinggi.

Di mana penderita asam urat bukan hanya merasakan nyeri yang tidak tertahankan saja, tapi juga bisa mengalami komplikasi penyakit yang jauh lebih serius seperti penyakit ginjal, stroke dan penyakit jantung.

Itulah sebabnya, penderita asam urat sangat dianjurkan untuk mengetahui jenis-jenis makanan yang harus dihindari. Jamur menjadi salah satu jenis makanan yang ternyata cukup berbahaya jika dikonsumsi oleh penderita asam urat. Mengapa jamur berbahaya untuk penderita asam urat? Cari tahu jawabannya berikut ini.

Efek Konsumsi Jamur Bagi Penderita Asam Urat

Efek Konsumsi Jamur Bagi Penderita Asam Urat

Jamur merupakan salah satu jenis makanan yang memiliki rasa yang cukup lezat. Biasanya jamur diolah dalam bentuk sop. Tapi seiring waktu, jamur kini sudah bisa dinikmati dalam berbagai olahan salah satunya yang cukup banyak disukai orang adalah jamur crispy.

Dan selain enak ternyata di Cina, jamur dijadikan sebagai makanan pokok. Lantaran dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Tentu, tak semua jenis jamur aman dikonsumsi. Pasalnya ada beberapa jenis jamur yang mempunyai racun. Jenis jamur yang dapat dikonsumsi antara lain jamur shitake, jamur padi, jamur payung (collybia), merang, jamur tiram, jamur kancing, supa kelapa dan lain-lain.

Meski jamur-jamur tersebut bisa dikonsumsi dan disukai oleh banyak orang, tahukah Anda, ternyata didalam jamur ini ada kandungan purin cukup tinggi. Bahkan di dalam 100 gr jamur terdapat sekitar 97 gram kandungan purin. Dengan demikian, jamur dikatakan sebagai jenis makanan yang cukup berbahaya untuk penderita asam urat karena dapat membuat kadar purin meningkat.

Nah karena itulah Anda harus segera menghapus jamur dari menu makan harian Anda. Pasalnya, jamur mengandung zat purin yang sangat tinggi. Selain menghindari mengonsumsi jamur, Anda juga harus menerapkan gaya hidup sehat seperti rutin melakukan olahraga.

Posted by harussehat.com | Efek Konsumsi Jamur Bagi Penderita Asam Urat

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *