Efek Makan Santan Bagi Penderita Asam Urat

Efek Makan Santan Bagi Penderita Asam Urat

Efek Makan Santan Bagi Penderita Asam Urat – Tidak sedikit orang mengatakan bahwa penderita asam urat tidak diperbolehkan mengonsumsi makanan bersantan. Lantaran rumor yang berkembang menyebut santan adalah salah satu pemicu terjadinya penyakit asam urat. Benarkah demikian?

Efek Makan Santan Bagi Penderita Asam Urat

Ya, mengonsumsi makanan bersantan memang bisa membuat kadar asam urat dalam tubuh meningkat. Hal ini dikarenakan makanan bersantan memiliki kandungan lemak jenuh. Nah sebelum membahas efek makan santan bagi penderita asam urat, simak terlebih dulu sedikit tentang penyakit asam urat.

Asam urat adalah penyakit yang kerap menyerang persendian. Zat purin merupakan faktor utama penyakit asam urat ini menyerang tubuh. Zat purin bisa dibentuk oleh tubuh secara alami, namun bisa juga didapatkan dari beberapa makanan atau minuman.


Dalam kondisi yang normal, semestinya purin tersebut keluar bersama urin melalui mekanisme kinerja ginjal. Namun, ketika ginjal tidak bisa menampung kadar purin dalam darah. Baik karena kadar purin dalam tubuh terlalu banyak atau karena fungsi ginjal mengalami penurunan, maka purin akan mengendap dalam darah dan membentuk kristal asam urat di area persendian.

Kembali ke topik awal, benarkah makanan bersantan bisa meningkatkan kadar asam urat dalam darah?

Penyakit asam urat sangat mungkin menyerang seseorang yang memiliki pola makan yang salah. Satu di antara banyaknya sumber makanan yang bisa memicu asam urat ternyata santan.

Makanan bersantan seperti olahan opor ayam, rendang atau gulai mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi serta mengandung protein yang sangat susah sekali dicerna sehingga terjadilah pembentukan residu purin yang banyak.


Tingginya beban sendi dalam menopang tubuh meningkatkan kerentanan sendi untuk mengalami kerusakan ketika kadar asam urat dalam tubuh meningkat.

Bila beban yang dialami oleh sendi cenderung besar maka persendian bisa mengalami lebih banyak pergesekan dan juga tekanan yang akhirnya memicu peradangan pada sendi yang lebih parah.

Jadi mengonsumsi makanan bersantan cukup berbahaya bagi mereka yang idap penyakit asam urat. Karena itu, sebaiknya hindari olahan makanan yang menggunakan santan.

Posted by harussehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *