Gejala Asam Urat dan Kolesterol Tinggi

Gejala Asam Urat dan Kolesterol Tinggi

Gejala Asam Urat dan Kolesterol Tinggi – Penyakit asam urat dan kolesterol adalah penyakit dengan penyebab utamanya ialah senyawa yang terdapat pada tubuh. Sebetulnya asam urat dan juga kolesterol tidaklah berbahaya.

Gejala Asam Urat dan Kolesterol Tinggi

Hanya saja, bila kadarnya sudah sangat tinggi atau melampaui batas minimal maka akan sangat berbahaya untuk tubuh. Biasanya, beberapa orang tidak sadar jika mereka sudah terkena asam urat dan kolesterol.

Lantaran beberapa gejala yang menyerang seringkali dianggap hal yang biasa saja. Padahal gejala-gejala asam urat dan kolesterol tersebut seharusnya Anda waspadai, apa saja gejalanya?

Gejala asam urat tinggi

  • Nyeri sendi

Asam urat yang sudah tinggi biasanya mulai membentuk kristal. Kristal-kristal tersebut kemudian masuk ke sela-sela persendian, akibatnya rasa nyeri pada persendian kerapkali dirasakan. Rasa nyeri biasanya akan muncul secara tiba-tiba di malam hari atau ketika bangun tidur dipagi hari.

  • Nyeri pada jempol kaki

Rasa nyeri di jempol dapat didefinisikan dengan rasa tak nyaman yang dapat membuat penderita sangat terganggu serta tidak bisa istirahat dengan baik. Penderita akan kesulitan untuk menggerakan jempolnya. Tubuhnya pun akan makin melemah.

  • Sendi terasa panas

Gejala lanjutan dari penyakit asam urat yaitu sendi terasa panas seperti terbakar. Gejala ini bisa menyerang kapan saja. Bisa menyerang ketika sedang beraktivitas atau ketika beristirahat.

  • Sendi membengkak

Seiring berjalannya waktu, gejala asam urat akan makin berkembang bila tidak diobati. Yang awalnya hanya merasakan nyeri di bagian sendi serta sendi terasa panas seperti terbakar, lama kelamaan sendi akan membengkak. Hal ini disebabkan karena kadar asma urat sudah memenuhi aliran darah dan persendian.

  • Sendi kemerahan

Disamping mengalami pembengkakan, sendi juga akan memerah. Bila Anda sudah merasakan gejala ini, ada baiknya temui dokter.

  • Sendi terasa kaku dan gatal

Persendian akan terasa kaku dan gatal sehingga membuat penderita merasa sangat tidak nyaman. Gejala terburuk dari asam urat adalah tidak bisa menggerakan sendi atau mengalami kelumpuhan. Bila tidak ingin hal tersebut terjadi, maka segera turunkan kadar asam urat.

Gejala kolesterol tinggi

  • Nyeri dada

Ketika kolesterol naik, maka akan sebabkan adanya penumpukan lemak dalam arteri. Kondisi ini membuat darah yang ke jantung tak lancar. Nyeri dada juga sering berkaitan dengan kondisi ini. Tapi, orang-orang biasanya mengabaikan kondisi ini dan menganggapnya sebagai efek dari kelelahan saja.

  • Susah bernapas

Kondisi ini terjadi ketika ada banyak sekali kolesterol pada bagian arteri sehingga jantung tidak bisa memompa darah dengan baik. Akibatnya, tubuh kekurangan oksigen.

  • Tubuh sering terasa lelah

Orang yang mempunyai gangguan kolesterol sering mengalami perasaan lelah yang berlebihan. Hal ini dikarenakan tubuh tidak mempunyai aliran darah yang cukup serta kadar oksigennya sangat rendah. Organ tubuh lalu akan dipaksa melakukan metabolisme dengan keras. Sementara kondisi jantunf dan pembuluh darah bermasalah.

  • Nyeri di bagian punggung dan leher

Nyeri di bagian punggung dan juga leher ini muncul ketika tekanan darah dan kolesterol mengalami peningkatan yang tinggi. Rasa nyeri biasanya terasa sangat tidak nyaman. Bahkan rasa nyeri dapat terus menjalar sampai ke bagian kepala.

  • Keseimbangan menghilang

Saat kolesterol tinggi, keseimbangan seseorang bisa menghilang. Hal ini dikarenakan otot pada tangan dan kaki menjadi lemah. Sedangkan, arteri tidak mempunyai aliran darah yang cukup. Saat sistem saraf pusat terganggu akibat plak kolesterol dibagian arteri, maka bisa membuat penderitanya kehilangan keseimbangan.

  • Mual dan muntah

Seseorang yang memiliki kolesterol tinggi juga bisa menimbulkan gangguan pada saluran pencernaan. Perasaan mual dan muntah biasanya sering terjadi karena tubuh tidak bisa menerima asupan dengan baik. Bila rasa mual dan muntah terus menerus terjadi hingga nafsu makan menghilang, maka dapat menyebabkan kesadaran menghilang atau pingsan.

  • Emosi tidak stabil

Emosi yang tak stabil merupakan salah satu gejala yang jarang diketahui. Gejala yang satu ini terjadi karena kondisi tubuh yang tidak nyaman akibat aliran darah terganggu oleh kolesterol.

Nah itulah Gejala Asam Urat dan Kolesterol Tinggi yang harus Anda ketahui. Sekian dan semoga informasi di atas dapat bermanfaat.

Posted by harussehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *