Jenis Olahraga Ringan yang Bisa Menurunkan Asam Urat

Jenis Olahraga Ringan yang Bisa Menurunkan Asam Urat

Jenis Olahraga Ringan yang Bisa Menurunkan Asam Urat – Penderita asam urat dapat mengalami rasa nyeri secara tiba-tiba yang disertai dengan pembengkakan serta kemerahan di area sendi. Untuk mengatasinya, ada beberapa orang yang menjalani diet rendah purin.

Jenis Olahraga Ringan yang Bisa Menurunkan Asam Urat

Seperti yang diketahui, purin merupakan faktor utama seseorang mengidap penyakit asam urat. Purin merupakan zat yang seringkali ditemukan di beberapa makanan. Jadi, salah satu cara untuk mengatasinya adalah melakukan diet rendah purin.

Nah selain melakukan diet rendah purin ini ternyata olahraga juga sangat penting dilakukan oleh mereka yang idap penyakit asam urat. Apa saja olahraga yang dapat dilakukan oleh penderita asam urat agar kadar asam urat dalam tubuh menurun? Berikut ulasannya.

  • Jalan kaki

Jalan kaki adalah olahraga yang sangat sederhana. Namun Anda tidak boleh menyepelekan olahraga satu ini, karena ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan. Salah satu manfaatnya yaitu bisa mengurangi kelebihan kadar asam urat dalam tubuh.

Lakukan olahraga ini setiap minggu, minimal 30 menit agar tak terlalu lelah dan kadar asam urat pun bisa cepat menurun. Dengan melakukan olahraga sederhana ini, otot kaki Anda bisa lebih kuat. Juga kadar vitamin D di dalam tubuh pun bisa meningkat.

  • Bersepeda

Ternyata, bersepeda juga dapat mendukung pergerakan sendi. Bersepedalah setiap hari atau beberapa kali dalam satu minggu, asal tidak menyebabkan kinerja persendian jadi lebih berat.

  • Yoga

Yoga bisa menurunkan kadar asam urat. Gerakan yoga dapat membuat otot dan sendi menjadi aktif tanpa terbebani. Sehingga nyeri sendi bisa berkurang. Selain itu, peredaran darah pun bisa lebih lancar dan daya tahan tubuh semakin meningkat

  • Berenang

Berenang juga bisa menurunkan kadar asam urat. Ketika asam urat kambuh, maka sendi dan otot akan terasa kaku, nyeri dan sangat tidak nyaman, Nah dengan berenang beberapa kali dalam seminggu, tentu sendi Anda dapat menjadi lebih lentur.

  • Senam ringan

Pilihlah senam tingkat ringan, senam ringan di sini hanya mencakup peregangan yang sifatnya dapat membantu melenturkan tubuh. Tak perlu bebani otot dan sendi, karena yang diperlukan yaitu meregangkan tangan, kaki dan bagian tubuh yang sering terasa kaku dan juga nyeri. Lakukan senam ringan ini tiap pagi dan sore, atau di malam hari sebelum tidur.

Itulah beberapa rekomendasi Jenis Olahraga Ringan yang Bisa Menurunkan Asam Urat. Untuk olahraga yang perlu dihindari penderita asam urat yaitu bulu tangkis, bela diri, voli dan tenis lantaran olahraga-olahraga tersebut rentan akan cedera. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Posted by harussehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *