Jenis Susu yang Bisa Menurunkan Gula Darah

Jenis Susu yang Bisa Menurunkan Gula Darah

Jenis Susu yang Bisa Menurunkan Gula Darah – Dua dari tiga pengidap diabetes mempunyai tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi sendiri dapat diturunkan dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan potasium, kalsium dan magnesium. Biasanya, makanan berbahan dasar susu mengandung ketiga nutrisi tersebut.

Jenis Susu yang Bisa Menurunkan Gula Darah

Tidak hanya membantu mengontrol diabetes, mengonsumsi susu juga dapat mencegah perkembangan penyakit tersebut. Menurut data dari Nurses Health Study II yang diterbitkan di American Journal of Clinical Nutrition, diet tinggi susu melindungi seseorang dari diabetes tipe 2, bila kebiasaan tersebut sudah dilakukan sejak anak-anak dan remaja.

Jadi, sudah ada penelitian yang menunjukkan bawah memasukan susu ke dalam pola diet harian dapat bermanfaat dalam mencegah serta mengendalikan diabetes. Tapi, pertanyaannya adalah jenis susu apa yang terbaik untuk penderita diabetes?

Jenis susu yang sangat dianjurkan untuk penderita diabetes

Karena alasan jumlah kalori, para ahli nutrisi lebih menyarankan produk susu rendah lemak untuk para pengidap diabetes. Susu jenis yang satu ini bisa diperoleh dari minuman susu secara langsung atau yogurt. Tapi, sebagian besar produk yogurt sekarang kaya akan gula. Sehingga, jangan terlalu sering mengkonsumsinya. Pantau kenaikan kadar gula darah setiap kali Anda mengonsumsi susu atau yogurt.

Berikut beberapa produk turunan susu yang bisa dikonsumsi oleh para pengidap diabetes.

  • Yogurt Yunani

Produk susu fermentasi seperti yogurt adalah pilihan yang bagus untuk penderita diabetes. Karena mempunyai kandungan probiotik yang cukup tinggi. Manfaat probiotik sendiri tidak hanya bisa menurunkan kadar gula darah, probiotik juga bisa meningkatkan aktivitas sekresi hormon insulin. Jadi, masukan yogurt yunani ini ke dalam menu makan harian Anda.

  • String Cheese

Keju yang satu ini dapat menjadi camilan terbaik untuk Anda karena diperkaya protein dan rendah lemak. String Cheese juga mempunyai kadar karbohidrat yang rendah (sekitar 1 gram/ons), sehingga tak akan meningkatkan kadar gula darah secara signifikan.

  • Susu Grass Fed

Selain jumlah kadar lemaknya, sumber susu juga harus Anda perhatikan. Susu dari sapi yang diberi makanan alami berupa rumput, mempunyai kadar asam alfa linoleat yang jauh lebih tinggi. Asam alfa linoleat sendiri merupakan jenis asam lemak omega 3 yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Jadi, ketika Anda membeli susu di pasar swalayan, maka pilihlah produk yang di dalam kemasannya tercantum tulisan ‘grass-fed’.

Demikian artikel mengenai Jenis Susu yang Bisa Menurunkan Gula Darah. Sekian dan semoga artikel ini bermanfaat.

Posted by harussehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *