Makanan Lezat yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Makanan Lezat yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Makanan Lezat yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat – Asam urat merupakan penyakit yang bisa menyerang siapa saja tanpa kenal batasan usia. Meskipun pada umumnya banyak diderita oleh mereka yang sudah berusia lanjut.

Makanan Lezat yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat
image source: aussiemeat.hk

Penyakit yang disebabkan karena adanya penumpukan zat purin di sendi ini bisa menyebabkan otot menjadi tegang, pegal, ngilu hingga berujung gangguan pada ginjal.

Penyakit ini tak boleh disepelekan. Karena zat purin kebanyakan bersumber dari makanan, maka asupan makanan harus benar-benar terjaga bila Anda mempunyai riwayat asam urat. Nah, inilah beberapa makanan lezat yang harus dihindari dari sekarang untuk mengurangi gejala asam urat.

  • Jamur

Jamur yang memiliki rasa lezat dan bisa diolah menjadi beberapa jenis masakan ternyata adalah musuh bagi penderita asam urat. Mengapa demikian? Karena dalam 100 gram jamur terdapat 20-80 gram zat purin yang dapat memperparah gejala asam urat.

  • Kacang-kacangan

Meski dikenal sebagai sumber protein nabati terbaik serta mempunyai kandungan kalsium, vitamin B, C, E dan juga vitamin K. Kacang-kacangan ternyata bisa memicu penumpukan purin di dalam tubuh yang sudah pasti berbahaya untuk penderita asam urat.

  • Olahan bebek

Sepertinya tidak ada yang bisa menolak kelezatan daging bebek yang diolah dengan cara digoreng atau dipanggang. Tapi rupanya penderita asam urat harus gigit jari lantaran kandungan purin dalam daging bebek sangat tinggi.

  • Olahan daging merah

Selain daging bebek, daging merah seperti daging sapi juga termasuk ke dalam daftar makanan lezat yang harus dihindari penderita asam urat karena di dalamnya terkandung purin yang cukup melimpah. Padahal daging sapi ini merupakan sumber vitamin dan mineral untuk tubuh.

  • Bayam

Bayam, jenis sayuran yang satu ini tentu sudah tak asing lagi bukan? Bayam mengandung beta karoten, zat besi dan vitamin C yang cukup melimpah sehingga membuat sayuran hijau satu ini sehat dikonsumsi. Namun untuk penderita asam urat sebaliknya, bayam disarankan untuk tidak dikonsumsi oleh mereka karena bayam mengandung purin yang cukup tinggi.

  • Brokoli

Brokoli merupakan sayuran berikutnya yang memiliki kandungan purin. Jadi sebaiknya penderita asam urat bisa menghindari brokoli.

  • Air kelapa

Meski faktanya air kelapa bisa menetralisir racun di dalam tubuh, namun lemak yang tinggi pada kelapa tidak bersahabat bagi penderita asam urat.

  • Kepiting

Hampir semua seafood atau makanan laut menjadi pantangan bagi penderita asam urat. Salah satunya kepiting. Kepiting bisa memicu munculnya gejala penyakit asam urat karena di dalamnya terkandung lemak jenuh yang banyak.

Demi kesehatan, tak ada salahnya jika Anda mulai melakukan pola makan sehat dan memilih yang benar-benar diperlukan oleh tubuh. Sekian informasi tentang makanan lezat yang harus dihindari penderita asam urat, semoga bermanfaat.

Posted by harussehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *