Makanan Minuman Pemicu Penyakit Asam Urat

Makanan Minuman Pemicu Penyakit Asam Urat

Makanan Minuman Pemicu Penyakit Asam Urat – Kadar asam urat yang berlebihan di dalam aliran darah dapat memicu timbulnya radang sendi. Saat terakumulasi di dalam cairan sendi, asam urat bisa menumpuk di sendi jari-jari dan juga pergelangan kaki.

Makanan Minuman Pemicu Penyakit Asam Urat
source image: thekitchn.com

Zat purin merupakan unsur yang bisa meningkatkan kadar asam urat di dalam darah. Peningkatan kadar purin sendiri biasanya berasal dari sejumlah makanan atau minuman. Karena itulah, Anda harus tahu makanan atau minuman yang mengandung zat purin. Berikut merupakan beberapa makanan dan minuman yang dapat memicu Anda mengidap sakit asam urat.

  • Seafood

Seafood atau makanan laut seperti udang, kerang, tiram, kepiting merupakan makanan yang sangat kaya akan kandungan zat purin. Bila Anda idap penyakit asam urat sebelumnya, maka makanan-makanan tersebut harus Anda hindari dalam bentuk atau olahan apapun. Karena makanan-makanan tersebut bisa meningkatkan kadar asam urat di dalam darah Anda.

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga termasuk makanan yang memiliki banyak kandungan purin sehingga seseorang dengan kadar asam urat yang tinggi diharuskan untuk membatasi asupan makanan yang satu ini.

  • Daging merah

Bila anda mempunyai kadar asam urat yang berlebihan dalam tubuh, Anda harus sepenuhnya menjauhi daging sapi atau daging babi. Karena kedua daging tersebut mengandung persentase purin yang sangat tinggi. Terlebih lagi, kedua daging tersebut memiliki kandungan lemak yang sangat banyak. Karena itu hindari dua jenis daging ini, agar kadar asam urat tidak semakin meningkat.

  • Kopi

Kopi memang enak untuk disantap, namun dibalik kenikmatan yang diberi oleh kopi ternyata bisa mendatangkan masalah kesehatan untuk Anda. Salah satunya adalah bisa memicu penyakit asam urat. Hal ini terjadi ketika Anda berlebihan mengonsumsi kopi. Maka dari itu, batasi asupannya. Jangan terlalu sering.

  • Bir

Selain kopi, bir lebih berbahaya lagi untuk penderita asam urat. Ini dikarenakan bir bisa meningkatkan produksi zat purin di dalam tubuh serta bisa membuat tubuh kesulitan dalam mengeluarkan zat purin. Para pakar menganjurkan Anda untuk menghindari bir bila sedang mengidap penyakit asam urat.

Nah itulah tadi beberapa makanan minuman pemicu penyakit asam urat. Bagi Anda yang berisiko idap penyakit asam urat atau saat ini sedang mengidap penyakit asam urat diharapkan bisa menghindari jenis makanan minuman di atas. Sekian dan semoga bermanfaat.

Posted by harussehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *