Makanan Pantangan Untuk Penderita Wasir

Makanan Pantangan Untuk Penderita Wasir

Makanan Pantangan Untuk Penderita Wasir – Apa yang kamu ketahui tentang wasir? Wasir atau hemoroid merupakan suatu kondisi yang paling rentan terjadi dan dikondisikan dimana adanya pembengkakan di anus yang berisi pembuluh darah. Dengan keberadaannya di anus, tentu akan membuat mereka merasa tidak nyaman akibat adanya benjolan yang membengkak dan terkadang sering nyeri.

Makanan Pantangan Untuk Penderita Wasir

Bahkan benjolan ini, akan membesar dan bisa mengakibatkan pendarahan yang hebat ketika mendapatkan tekanan yang cukup besar saat BAB. Hal ini mungkin dianggap sepele, karena masih tergolong memiliki gejala yang begitu ringan untuk di obati.

Namun jangan diabaikan, karena kondisi ini jika terlalu dibiarkan cukup berbahaya lho. Nah, supaya kondisi wasir ini tidak semakin parah pastikan Anda mengatur pola makanan karena dengan makanan yang tidak teratur juga sangat mempengaruhi kondisi wasir lho. Dan berikut, makanan pantangan yang harus dijauhi penderita wasir antara lain seperti :

  • Makanan pedas

Siapa sih yang tak doyan dengan makanan pedas? Makanan pedas memang sudah menjadi makanan favorit untuk semua orang apalagi wanita. Padahal jika kondisi kita sedang mengalami wasir, sebaiknya jauhi deh makanan ini. Lantaran makanan pedas, bisa menjadi pemicu asam lambung naik dan membuat rasa ketidak nyamanan di saluran pencernaan menjadi tidak baik.

  • Makanan Olahan

Makanan olahan memang sedap saat dimakan, tapi hal itu harus ada aturannya dong dan jangan berlebihan. Karena pada dasarnya, makanan olahan seperti junk food jika konsumsi secara berlebihan akan dapat mengakibatkan konstipasi seperti sembelit.

  • Makanan Gorengan

Tak hanya itu, makanan gorengan juga akan mempengaruhi wasir lho. Hal itu disebabkan makanan yang digoreng akan sulit dicerna dan memperlambat sistem pencernaan secara keseluruhan hingga BAB akan sulit. Sedangkan makanan kaya minyak nabati seprti minya lobak, jagung dan kedelai, juga mudah untuk mempengaruhi wasir sebab mengakibatkan dinding usus menjadi rusak.

  • Minuman alkohol

Meski terasa segar, namun minuman alkohol jika dikonsumsi secara berlebihan juga tak sehat bagi kesehatan tubuh.
Lantaran alkohol bisa mengganggu keseimbangan pencernaan didalam perut dan bisa memicu wasir menjadi semakin memburuk.

  • Obat pencahar

Mengkonsumsi obat memang salah satu jalan untuk meredakan gejala wasir, namun jika obat pencahar memiliki efek samping tentu akan memperburuk kondisi wasir menjadi menyakitkan.

Menjaga pola makanan dengan baik memang sangat diperlukan untuk mengatasi kondisi suatu penyakit tidak semakin parah. Maka dari itulah, stop dan hindarilah makanan pantangan di atas supaya kondisi wasir tetap terjaga dan bisa sembuh dengan alami. Semoga artikel ini membantu Anda dan salam sehat.

Posted by harussehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *