Makanan Sehat untuk Penderita Darah Tinggi dan Asam Urat

Makanan Sehat untuk Penderita Darah Tinggi dan Asam Urat

Makanan Sehat untuk Penderita Darah Tinggi dan Asam Urat – Menjaga kesehatan tubuh dapat dilakukan dengan cara menjaga asupan makanan kita sehari-hari. Disamping itu, lakukan olahraga. Dengan rutin menjaga asupan makanan yang sehat serta berolahraga, maka kesehatan tubuh bisa lebih terjaga dan Anda pun tidak akan mudah jatuh sakit.

Makanan Sehat untuk Penderita Darah Tinggi dan Asam Urat

Banyak yang tidak bisa menjaga keseimbangan pola hidup. Mulai dari asupan sampai kebiasaan hidup yang membuat mereka mudah untuk terserang penyakit. Berbagai jenis penyakit termasuk di dalamnya adalah darah tinggi dan asam urat menjadi penyakit yang paling banyak ditemui.

Bagi Anda yang idap penyakit darah tinggi maupun asam urat pastinya harus berhati-hati dalam menjaga asupan makanan. Karena jika mereka salah makan, akibatnya dapat memperburuk kondisi penyakit yang diderita. Nah, berikut ini adalah daftar menu sehat untuk penderita darah tinggi dan asam urat.

Makanan Sehat untuk Penderita Darah Tinggi

Dalam mengonsumsi makanan, Anda sebagai penderita darah tinggi harus berhati-hati karena sejumlah makanan memiliki zat berbahaya. Karena itu, Anda harus tahu apa saja makanan yang baik untuk kesehatan Anda serta tidak berisiko membuat darah tinggi semakin naik.

  • Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti seledri dan juga bayam adalah sayuran yang mengandung kalium sehingga mampu turunkan tekanan darah. Bukan hanya itu, bayam juga bisa menjaga kestabilan darah karena di dalamnya terdapat magnesium dan potasium.

  • Bawang putih

Bawang putih bisa dimanfaatkan untuk mencegah penebalan pembuluh darah, pembekuan darah dan menghilangkan penyumbatan di organ terpenting manusia yaitu jantung.

  • Minyak zaitun

Dalam minyak zaitun, ada kandungan sehat berupa antioksidan yang bagus untuk menjaga kestabilan darah dan kesehatan jantung.

  • Susu skim

Susu skim adalah susu yang bebas lemak, kaya kandungan vitamin D dan juga kalsium. Kedua nutrisi tersebut sangat berperan dalam menjaga kestabilan darah.

  • Kedelai

Kedelai adalah sumber kalium dan magnesium yang baik sehingga mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

  • Pisang

Pisang menjadi salah satu buah yang baik untuk penderita darah tinggi karena mempunyai kalium yang cukup tinggi.

  • Kentang putih

Kentang putih mengandung magnesium dan kalium yang bisa membuat aliran darah menjadi lancar dan juga sehat.

  • Biji bunga matahari

Camilan yang satu ini mampu menjaga kesehatan pembuluh darah dan kesehatan jantung karena diperkaya oleh kandungan magnesium.

Itulah beberapa makanan sehat untuk penderita darah tinggi. Mulailah perhatikan asupan makanan agar Anda bisa dengan cepat terbebas dari penyakit darah tinggi.

Makanan Sehat untuk Penderita Asam Urat

Sama seperti penderita darah tinggi, penderita asam urat juga harus bisa memperhatikan asupan mereka sehari-hari agar kondisi penyakit tidak bertambah buruk. Berikut makanan-makanan sehat untuk penderita asam urat.

  • Apel

Apel mengandung asam malat yang bisa menetralkan kadar asam urat, sehingga perbanyaklah konsums apel.

  • Makanan berserat

Serat bisa menyerap kadar asam urat yang berlebihan dalam darah. Ada banyak makanan berserat, di antaranya oats, mentimun, seledri dan lain-lain.

  • Pisang

Buah yang satu ini dapat meredakan peradangan dan juga pembengkakan akibat penyakit asam urat.

  • Ikan salmon

Sama seperti pisang, ikan salmon juga bisa meredakan pembengkakan dan peradangan pada sendi akibat asam urat. Hal ini disebabkan karena ikan salmon mengandung omega 3.

  • Coklat hitam

Coklat hitam mengandung teobromin yang mampu menjaga kadar asam urat dalam tubuh.

  • Makanan bervitamin C

Makanan bervitamin C seperti jeruk nipis dan lemon bagus untuk penderita asam urat. Karena vitamin C dalam makanan-makanan tersebut bisa mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.

Nah itulah beberapa makanan sehat untuk penderita asam urat. Itu baru beberapa ya, karena sebetulnya masih banyak makanan sehat yang bisa dikonsumsi penderita asam urat.

Demikian informasi mengenai makanan sehat untuk penderita darah tinggi dan asam urat. Bila saat ini Anda menderita salah satu dari penyakit tersebut atau bahkan Anda mengidap kedua-duanya, Anda bisa mengonsumsi beberapa makanan-makanan sehat di atas untuk mempercepat proses penyembuhan.

Posted by harussehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *