Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat dan Rematik

Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat dan Rematik

Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat dan Rematik – Pernahkan Anda mengalami rasa nyeri pada bagian persendian? Ataukah Anda pernah mengalami rasa ngilu atau nyeri di bagian kaki? Hal tersebut merupakan salah satu gejala dari penyakit asam urat dan rematik.

Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat dan Rematik

Apakah Anda termasuk salah satu penderita penyakit asam urat atau rematik? Atau apakah keduanya? Lalu bagimana rasanya bila penyakit asam urat dan rematiknya kambuh? Pastinya tidak nyaman.

Terutama bila Anda salah dalam mengonsumsi makanan yang seharusnya dihindari oleh para penderita asam urat dan rematik. Lantas apa saja makanan yang harus dihindari para penderita asam urat dan rematik? Berikut daftar makanan yang harus dihindari bila Anda menderita asam urat dan rematik.

  • Jeroan

Selain mempunyai cita rasa yang enak dan juga gurih, jeroan (hari, ampela, babat, jantung, usus, otak paru dan lain sebagainya) mengandung zat purin tinggi sehingga berbahaya jika dikonsumsi oleh penderita asam urat dan rematik. Selain itu, konsumsi jeroan juga bisa menyebabkan kolesterol dan obesitas. Sangat berbahaya kan?

  • Makanan laut atau seafood

Makanan laut juga menjadi makanan yang harus dihindari penderita asam urat dan rematik karena mengandung purin yang sangat tinggi. Tapi ingat, tidak semua jenis makanan laut atau ikan memiliki purin yang tinggi.

Adapun jenis makanan laut yang tidak boleh dikonsumsi dalam jumlah banyak bahkan harus dihindari penderita asam urat rematik karena memiliki zat purin tinggi adalah ikan bandeng, ikan kakap, ikan teri, ikan asin, kerang, tuna, sarden, makarel, kepiting, udang dan lain-lain.

  • Daging

Kandungan purin dalam daging cukup tinggi sehingga sangat dianjurkan untuk dihindari bagi penderita asam urat dan rematik. Adapun daging yang harus dihindari adalah daging sapi, domba, burung, bebek, angsa, kuda, ayam dan kalkun. Untuk daging ayam masih bisa Anda konsumsi namun dalam jumlah yang sangat sedikit.

  • Ragi

Makanan yang mengandung ragi adalah makanan hasil fermentasi. Dan hal ini tentu sangat tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi penderita asam urat dan rematik. Lantaran makanan yang mengandung ragi, pastinya mengandung alkohol meski kadarnya sedikit. Alkohol yang ada dalam ragi lah yang mengandung purin sehingga tidak disarankan untuk dikonsumsi.

  • Buah-buahan tertentu

Beberapa buah mengandung zat purin tinggi sehingga para penderita asam urat dan rematik harus menjauhinya. Contohnya seperti kelapa muda, tomat, melinjo, alpukat, durian dan lain sebagainya.

  • Kafein

Sudah tak diragukan lagi, bahwa kafein sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Kafein ini bukan hanya menjadi pantangan bagi penderita penyakit asam urat dan rematik saja, tetapi juga berbahaya untuk kesehatan jantung Anda.

  • Kacang-kacangan dan olahannya

Kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang panjang, kacang merah dan sebagainya tidak boleh dikonsumsi oleh penderita penyakit asam urat rematik lantaran mengandung zat purin. Sehingga jika dikonsumsi maka penyakitnya akan kambuh.

  • Santan

Santan yang sering digunakan sebagai bahan pelengkap serta bumbu masakan sebagai penambah rasa gurih mengandung purin dan LDL yang tinggi sehingga sangat berbahaya untuk tubuh. Terutama untuk penderita asam urat dan rematik.

  • Sayuran

Sayuran adalah makanan yang sehat untuk tubuh. Namun siapa sangka bisa membahayakan para penderita asam urat dan rematik. Mengapa demikian? Karena beberapa jenis sayuran memiliki kandungan purin tinggi.

Seperti yang telah diketahui, bahwa purin merupakan zat yang memicu terjadinya penyakit asam urat dan rematik. Adapun sayuran yang bisa picu 2 penyakit tersebut adalah kol, jamur, bayam, kangkung, sawi dan lain sebagainya.

Nah itulah daftar makanan yang harus dihindari penderita asam urat dan rematik. Sekian dan semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Posted by harussehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *