Makanan yang Memperparah Penyakit Maag

Makanan yang Memperparah Penyakit Maag

Makanan yang Memperparah Penyakit Maag – Jika kamu sering merasa perih pada bagian perut kiri atas terutama jika telat makan. Mungkin kamu menderita penyakit maag. Penyakit maag atau radang lambung adalah suatu penyakit lambung yang disebabkan akibat adanya luka atau radang dibagian dalam lambung.

Makanan yang Memperparah Penyakit Maag

Penyakit maag dapat mengganggu kegiatan harianmu. Karena ketika kamu mengalaminya, maka kamu akan merasakan hal yang sangat tidak nyaman pada perut yang terasa perih. Bahkan begitu sakit seolah ada yang melilit-lilit di bagian dalam perutmu.

Jika kamu sudah terkena penyakit maag, maka sebaiknya kamu mulai menjaga pola makan serta memperhatikan apa saja makanan yang bisa kamu makan. Nah, berikut adalah beberapa makanan yang perlu kamu hindari jika terkena penyakit maag.

  • Makanan yang Banyak Mengandung Gas

Jika Anda mempunyai riwayat penyakit maag, maka beberapa makanan dan minuman seperti: kol, sawi, nangka, buah yang dikeringkan, lemak hewani, dan minuman bersoda menjadi pantangan makanan yang perlu dihindari.

Mengapa demikian? Karena beberapa makanan dan minuman tersebut diyakini bisa menyebabkan produksi gas berlebih di dalam organ penceraan.

  • Makanan yang Merangsang Keluarnya Asam Lambung

Selain makanan yang bayak mengandung gas beberapa makanan dan minuman yang masuk ke dalam kategori makanan yang bisa merangsang keluarnya asam lambung juga menjadi pantangan penderita maag.

Beberapa makanan dan minuman yang menjadi pantangan tersebut antara lain: anggur putih, sari buah sitrus, kopi, dan minuman yang mengandung alkohol.

  • Makanan yang Sulit Dicerna dan Membuat Pengosongan Lambung Menjadi Lebih Lambat

Makanan selanjutnya yang juga menjadi pantangan penderita maag adalah beberapa makanan yang diyakni dapat membuat pengosongan lambung menjadi lebih lambat. Diantaranya: Makanan berlemak, kue tart, dan keju.

Bila pengosongan lambung tersebut tertunda lebih dari waktu normal, maka akan membuat kinerja lambung menjadi 2 kali lebih banyak dari sebelumnya. Dengan begitu, maka akan mencetus gas dan akan memperburuk gejala penyakit maag.

  • Makanan yang Dapat Merusak Dinding Lambung

Makanan selanjutnya yang menjadi pantangan untuk penderita maag adalah makanan dan minuman yang bisa menyebabkan rusaknya dinding lambung. Beberapa makanan tersebut antara lain: Cuka, makanan pedas, merica danbumbu yang kuat dan bersifat asam (acid).

  • Makanan yang Melemahkan Klep Kerongkongan Bawah

Selain beberapa makanan diatas, ada juga makanan yang bisa mengakibatkan kelemahan pada klep kerongkongan bawah. Seperti: Alkohol / minuman keras, cokelat, makanan tinggi lemak dan gorengan. Dimana semua makanan tersebut bisa mencetus gejala maag menjadi semakin parah.

  • Makanan Sumber Karbohidrat

Makanan terakhir yang menjadi pantangan dan sangat tidak dianjurkan untuk penderita maag adalah makanan yang di dalam nya terdapat kandungan kaya karbohidrat. Seperti beras ketan, mie, bihun, singkong, jagung, tales, bulgur, dan dodol.

Meskipun kamu perlu menghidari beberapa jenis makanan dan minuman diatas, masih banyak jenis pilihanan makanan dan minuman lain yang baik dan aman untuk penderita penyakit Maag.

Selain itu, penderita maag juga disarankan untuk makan sedikit tapi sering, dan mengunyak secara perlahan sebelum ditelan.

Jika kamu memerlukan saran lebih lanjut tentang pola makan yang baik untuk penderita penyakit maag, sebaiknya konsultasikan hal tersebut kepada dokter.

Posted by harussehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *