Manfaat Daun Meniran untuk Penderita Asam Urat

Manfaat Daun Meniran untuk Penderita Asam Urat – Meniran merupakan salah satu tanaman herbal bisa mengatasi penyakit secara alami. Tanaman yang satu ini cukup mudah ditemukan karena meniran memang tumbuh di iklim tropis.

Meniran termasuk jenis tanaman semak yang bisa ditemukan di sekitar pekarangan rumah. Meniran dipercaya mampu mengatasi beberapa penyakit, salah satunya adalah asam urat. Jenis penyakit yang terjadi akibat tubuh kelebihan zat purin.

Gejala penyakit asam urat ditandai dengan munculnya rasa nyeri hingga bengkak pada persendian. Karena itu, Anda bisa memanfaatkan meniran untuk mengatasi asam urat. Apa saja manfaat meniran untuk penderita asam urat? Berikut penjelasannya.

Manfaat Daun Meniran untuk Penderita Asam Urat

Manfaat Daun Meniran untuk Penderita Asam Urat

Daun meniran diperkaya oleh kandungan yang efektif membantu penyembuhan penyakit asam urat seperti hypophyllanthin, phyllanthin, nirurin, nirterali, nirathin, nirurinetin, phullanthenol, flavonoid dan norsecuirinine. Adapaun manfaat daun meniran untuk penderita asam urat, sebagai berikut:

  • Meningkatkan Fungsi Ginjal

Flavonoid yang terkandung dalam meniran mampu mengatasi penyakit asam urat sekaligus mencegah terbentuknya batu ginjal. Fungsi dari ginjal sendiri, sangat penting untuk mengatasi penyakit asam urat karena ginjal adalah organ vital yang mengolah kelebihan kadar asam urat dan mengeluarkannya dalam bentuk urine. Sehingga jika kondisi ginjal Anda mengalami penurunan fungsi, maka asam urat akan terus menerus meningkat.

  • Mengobati Peradangan pada Sendi

Peradangan pada sendi adalah hal yang biasa dialami oleh penderita asam urat kronis. Nah dengan mengkonsumsi daun meniran, peradangan rupanya bisa diredakan. Konsumsi daun meniran secara rutin agar peradangan pada sendi bisa dihentikan.

  • Mencegah Munculnya Pembengkakan

Saat purin sudah menumpuk terlalu banyak di dalam tubuh, maka pembengkakan pasti terjadi. Nah, karena daun meniran sifatnya bisa kembalikan fungsi ginjal, maka proses pembuangan purin melalui saluran urine bisa berjalan dengan baik. Alhasil, penumpukan purin setahap demi setahap berkurang.

  • Menurunkan Kadar Purin

Purin adalah zat yang cukup sensitif untuk para penderita asam urat. Purin bisa ditemukan dengan mudah di beberapa makanan atau minuman seperti jeroan dan daging merah. Karena itu, hindari berbagai macam makanan atau minuman berpurin tinggi. Pilihlah makanan atau minuman yang bisa menurunkan kadar purin, seperti daun meniran.

  • Mencegah Rasa Nyeri

Meniran juga bisa mencegah rasa sakit yang diakibatkan penyakit asam urat. Seiring dengan berjalannya waktu, saat purin berangsur turun maka rasa nyeri pun akan menghilang.

Itu tadi informasi mengenai manfaat daun meniran untuk penderita asam urat. Gimana, luar biasa bukan manfaatnya? Anda dapat membuat ramuannya di rumah. Tapi ingat, sebelum konsumsi ramuan tersebut, Anda perlu berkonsultasi dulu ke dokter tentang dosis yang dianjurkan. Sekian, semoga bermanfaat.

Posted by harussehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *